Memahami Segitiga Daya

segitiga daya
Rumus Segitiga Daya

Disini pasti masih banyak yang bingung apa sih sebenarnya segitiga daya itu ? Apa hubungannya dengan Daya aktif , Daya Semu dan Daya reaktif ? dan apa fungsinya ? Oke mari kita bahas satu-persatu

Segitiga Daya adalah sebuah segitiga siku-siku (trigonometri) yang digunakan untuk memudahkan dalam menghitung daya aktif,daya semu dan daya reaktif.

Apa yang dimaksud dengan daya

Daya adalah sejumlah energi listrik yang dikeluarkan untuk melakukan suatu kerja atau usaha. Misalkan pada lampu 6 Watt dimana mengeluarkan daya 6 watt untuk meng-konversikannya energi listrik ke cahaya. Daya listrik biasanya dinyatakan dalam satuan watt atau Horsepower (HP) dimana 1 Hp ini setara dengan 746 Watt.Pada listrik searah (DC) daya listrik ini dirumuskan dengan rumus P = V x I. Dimana P adalah daya , V adalah tegangan dan I adalah arus.

Macam daya listrik

Pada dasarnya daya listrik dibagi menjadi tiga yaitu daya nyata / daya aktif , daya semu dan daya reaktif. Ke tiga daya ini terdapat pada listrik satu fasa dan listrik tiga fasa.

Daya Aktif atau Daya Nyata (Real Power) 

Daya aktif adalah suatu daya yang sesungguhnya terpakai untuk melakukan kerja terhadap beban atau merupakan daya yang sesungguhnya dibutuhkan beban. Daya ini digunakan untuk mengubah suatu energi listrik menjadi bentuk energi lain. Misalkan pada sebuah lampu dimana ada konversi energi listrik menjadi energi cahaya. Satuan dari daya aktif adalah Watt dan daya aktif ini hanya terjadi pada beban resistif murni.

Daya Semu

Merupakan merupakan keseluruhan kapasitas daya yang belum terpakai.  Kapasitas daya ini yang disediakan oleh PLN dengan satuan VA (Volt Ampere).

Daya Reaktif 

Daya reaktif adalah sebuah daya yang terserap untuk pembentukan medan magnet. Daya ini ditimbulkan oleh beban induktif seperti transformator, motor, dan lain lain. Beban induktif disebabkan oleh lilitan kawat atau kumparan yang digunakan untuk membangkitkan medan magnet agar peralatan listrik dapat bekerja dengan baik. Satuan dari Daya Reaktif ini adalah VAR (Volt Ampere Reaktif).

Agar lebih memahami konsep tersebut saya akan meng-analogikan seperti sebuah minuman bersoda.
pengertian segitiga daya
Pengertian Segitiga Daya

Jadi pada gambar di atas dapat dilihat bahwa daya aktif merupakan daya sebenarnya yang terpakai, daya semu merupakan keseluruhan daya yang belum terpakai yang mana disediakan oleh PLN (VA), dan daya reaktif merupakan kerugian daya yang disebabkan oleh beban induktif.

Rumus Segitiga Daya

Pada listrik satu fasa
  • P = V x I x Cos φ
  • S = V x I
  • Q = V x I x Sin φ

Pada listrik tiga fasa
  • P = √3 x V x I x Cos φ  
  • S = V x I x √3
  • Q = V x I x Sin φ x √3

Faktor Daya

Faktor daya atau power factor (Cos φ) merupakan suatu nilai yang disebabkan oleh adanya kerugian daya. Cos φ ini merupakan perbandingan dari daya aktif (daya yang sebenarnya terpakai) dengan daya semu (total keseluruhan daya). Cos φ pada instalasi satu fasa biasanya ditetapkan 0,8 karena tidak akan jauh dari nilai tsb.

Contoh Soal

1. Misalkan beban listrik total suatu rumah ketika semua peralatan dinyalakan adalah 1250 Watt. Penghuni rumah tsb berlangganan listrik PLN satu fasa dengan Cos φ 0,8. Berapa Daya semu dari beban tsb ?

Maka kita dapat mencarinya dengan rumus :

P = S x Cos φ
S = P / Cos φ
S = 1250 Watt / 0,8
   = 1.562,5‬ VA

2. Sebuah motor listrik dihubungkan dengan sumber listrik PLN satu fasa sebesar 220 V, jika arus yang mengalir pada motor sebesar 5 A dan faktor dayanya 0,8. Berapakah besar nilai daya aktif, daya semu, dan daya reaktif ?

Maka :
Daya Semu
S = V x I
   = 250 x 5 A 
   = 1100 VA

Daya Nyata
P = V x I x Cos φ
   = 1100 x 0,8 
   = 880 Watt

Daya Reaktif
Karena segitiga daya pada dasarnya juga merupakan trigonometri maka dapat menggunakan rumus : 
rumus daya reaktif
          = 1100- 8802
            =  435.600 VAR



Belum ada Komentar untuk "Memahami Segitiga Daya "

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel