2 saklar 1 stop kontak

2 saklar 1 stop kontak

Rangkaian 2 saklar 1 stop kontak merupakan suatu rangkaian pada instalasi penerangan yang digunakan untuk mengendalikan dua buah lampu dengan dua saklar dan 1 stop kontak digunakan untuk menghubungkan ke beban berupa peralatan listrik. Peralatan listrik ini bisa berupa charger HP, charger Laptop, TV, Oven dan lain sebagainya. 

Pembahasan Rangkaian 2 saklar 1 stop kontak


Pada gambar diatas terlihat bahwa kami menggunakan dua buah saklar tunggal. Saklar tunggal adalah sebuah saklar yang digunakan untuk mengendalikan (menghidupkan dan mematikan) hanya satu buah lampu. Saklar tunggal ini paling sering digunakan pada instalasi rumah dan gedung. Selanjutnya terdapat sebuah stop kontak yang digunakan untuk dihubungkan ke beban lain selain lampu.

Selanjutnya pada gambar diatas terlihat bahwa saklar tunggal dihubungkan ke dua kabel fasa yang berperan sebagai input dan output.
  • Satu kabel fasa merupakan input dari saklar dan kabel ini dihubungkan ke sumber listrik PLN
  • Satu kabel fasa berperan sebagai Output yang dihubungkan ke beban lampu
Kemudian kita lanjut ke peng-kabelan dari dua buah lampu. Terlihat bahwa masing-masing lampu dihubungkan ke dua sambungan kabel yaitu fasa dan netral. Akan tetapi berbeda dengan stop kontak yang dihubungkan ke kabel fasa, netral, dan ground. 

Kenapa sambungan kabel pada beban lampu dan beban selain lampu (pada stop kontak) berbeda ?

Hal tsb terjadi karena pada beban lampu tidak mungkin menimbungkan beban berlebih (overload) dan tidak berkontak langsung dengan manusia. Maka dari itu pada beban lampu tidak dipasang kabel grounding.

Sementara itu pada stop kontak dipasang sebuah beban yang berpotensi akan menimbulkan overload bahkan short circuit seperti Oven, setrika, TV dan lain lain. Selain itu beban listrik tsb langsung berkontak fisik dengan manusia. 

Contohnya adalah beban setrikaan, jadi ketika kita menggunakan setrika pasti kita memegang gagang setrikaan-nya. Jadi ketika terjadi kegagalan isolasi pada setrikaan tsb maka bisa dipastikan kita akan tersetrum. Oleh karena itu dipasang kabel grounding untuk mengalirkan listrik tsb ke tanah apabila terjadi kegagalan isolasi. 

Untuk memperjelas pemahaman kalian semua tentang rangkaian 2 saklar 1 stop kontak ini, kami sudah membuat vidio-nya. 

Silahkan tonton vidio di bawah ini !!!

6 Komentar untuk "2 saklar 1 stop kontak"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel