Jenis Kabel Yang dihubungkan ke Tanah disebut dengan Kabel

Grouping MCB

Jenis Kabel Yang dihubungkan ke Tanah disebut dengan Kabel Grounding seperti terlihat pada gambar di atas. Pada gambar instalasi / diagram instalasi kabel grounding ini biasanya ditandai dengan warna hijau. Akan tetapi pada kenyataannya kabel grounding ini berwarna hijau strip kuning.
    
Grounding merupakan sebuah sistem proteksi pada instalasi listrik dimana menanamkan sebuah elektroda penghantar ke dalam bumi. Sistem proteksi ini digunakan untuk mengalirkan listrik ke tanah apabila terjadi kebocoran tegangan, hubung singkat (short-circuit) dan beban berlebih (overload). 

Tujuan utama dari system grounding ini adalah untuk melindungi manusia dari tersengat listrik akibat kegagalan isolasi dan melindungi peralatan listrik dari kerusakan. 

Berdasarkan standar PUIL 2011 tahanan minimal pembumian adalah 5 ohm.




Pengujian Tahanan Grounding / Pembumian. Setelah instalasi selesai maka kita memeriksa tahanan grounding. Berdasarkan landasan PUIL baik di bawah 5 ohm. Ketika kami selesai menginstal semua komponen kita perlu memeriksa instalasi tahanan grounding PUIL apakah sudah memenuhi standar atau tidak. Tahanan landasan tiba-tiba bisa naik karena berbagai faktor seperti elektroda grounding ditanamkan atau berkarat. Oleh karena itu kita perlu memeriksa tahanan grounding setiap tahun masih nilai yang sesuai berdasarkan PUIL. Untuk membuatnya lebih mudah untuk memeriksa tahanan grounding kita perlu untuk membangun sebuah elektroda kotak kontrol untuk memudahkan pemeriksaan. Untuk pembumian / grounding / penggunaan pembumian menggunakan kabel BC (tembaga) (tembaga) dengan ukuran penampang 4 mm2 menggunakan pipa PVC 1,25m tinggi. Pembumian tahanan minimal 5 ohm.

Semua bahagian perisai kandang cahaya dan logam mesti dibumikan; bahagian logam lain yang terbuka mesti dibumikan kecuali mereka berada di luar jangkauan, lampu Armatur, lampu, dan sepinggan penutup logam asas mungkin tidak bersentuhan dengan permukaan konduktif dan tidak ia boleh dipasang di hujung jari.

Pengecas perlindungan (bumi) mestilah hijau / kuning jalur warna. Pemandu perlindungan PHB daripada bercabang neutral dan disambungkan melalui pengalir pembumian dengan elektrod tanah.



8 Komentar untuk "Jenis Kabel Yang dihubungkan ke Tanah disebut dengan Kabel"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel