Jenis Kutub Sumber Tegangan Pada Instalasi Listrik Penerangan yaitu

 

1 saklar + 1 stop kontak

Jenis kutub sumber tegangan pada instalasi listrik penerangan yaitu Fasa, Netral dan Ground seperti terlihat pada gambar di atas. 

Ketiga kabel tersebut ditandai dengan warna yang berbeda-beda. Biasanya pada gambar instalasi kabel fasa ditandai dengan warna merah atau hitam, kabel netral ditandai dengan warna biru dan kabel ground ditandai dengan warna hijau atau strip hijau-kuning. 

Kabel fasa, netral dan ground ini tidak boleh bersentuhan satu sama lain karena dapat menyebabkan korsleting listrik. 


Kabel listrik ini dibagi menjadi banyak macam dan jenis yaitu :

1. Kabel NYA

Kabel NYA adalah kabel tembaga inti tunggal dan PVC terisolasi. Kabel jenis ini sering digunakan di rumah dan membangun instalasi listrik. Kabel NYA perumahan untuk instalasi listrik umumnya menggunakan ukuran 1,5 mm dan 2,5 mm. Keuntungan dari kabel NYA adalah harga yang lebih murah sehingga sering digunakan untuk instalasi listrik dan membangun rumah.


Kekurangan dari kabel ini adalah PVC lapisan isolasi terdiri dari satu lapisan saja dan tidak tahan terhadap tikus menggigit seperti tikus dan mudah cacat terhadap hujan atau kondisi cuaca panas. Untuk menghindari kerusakan tsb, kemudian digunakan saluran PVC untuk melindungi jalur jaringan kabel dan dipasang di udara jauh dari jangkauan.


Pengunaan kabel NYA berlaku ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  • Harus dilindungi dengan pemasangan pipa untuk instalasi dalam tangan jangkauan harus ditempatkan dalam pipa PVC untuk instalasi di ruang lembab.
  • Tidak dipasang langsung melekat pada semen atau kayu, atau ditanam langsung di semen atau kayu, tetapi harus dilindungi dengan instalasi pipa
  • Dipasang terbuka dengan menggunakan insulator klem atau roller, jika dipasang di luar jangkauan tangan. Bagaimana menginstal harus ada jarak minimal 1 cm ke dinding dan ke bagian lain dari bangunan atau konstruksi.
  • Dapat digunakan dalam alat-alat listrik, PHB, dll
  • Tidak boleh digunakan di kamar basah, di luar ruangan atau di tempat kerja atau gudang dengan bahaya kebakaran atau ledakan.


2. Kabel NYM

Kabel NYM memiliki lebih dari satu inti tembaga dan PVC terisolasi. kabel NYM memiliki putih atau abu-abu, dengan inti nomor 2, 3 atau bahkan 4. Keuntungan dari jenis kabel NYM dibandingkan dengan kualitas isolasi kabel NYA lebih kuat karena terdiri dari dua lapis.Akan namun kelemahan adalah harga lebih mahal ,

Saat ini jenis kabel dipasang di beton, harus instalasi pipa bekas yang memenuhi syarat. instalasi kabel jenis kabel NYM bukan tipe tanah, oleh karena itu dalam kondisi apapun tidak boleh ditanam di tanah.


Pengunaan kabel NYM berlaku ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  • Dapat dipasang langsung melekat pada semen atau kayu atau langsung ditanam di semen, termasuk di lembab atau basah kamar, tempat kerja atau gudang dengan bahaya kebakaran atau ledakan
  • Dapat dipasang langsung pada bangunan, konstruksi, frame dan sebagainya, asalkan metode instalasi tidak merusak kabel luar selubung.
  • Tidak akan dipasang di tanah.


3. Kabel NYY

NYY kawat adalah kawat dengan inti tembaga dengan sejumlah basis 2, 3 atau 4 dan terisolasi PVC selubung luar dan sarungnya. Jenis kabel yang digunakan untuk instalasi listrik di ruang bawah tanah atau di luar ruangan tempat karena memiliki kekuatan tinggi dan terbuat dari bahan yang tidak seperti isolasi tikus.

Setiap kabel konduktor harus memiliki CRC yang tidak kurang dari arus yang mengalir di dalamnya. Untuk CCR harus dianggap kurang dari kebutuhan

path konduktif ke salah satu ujung tali atau cabang sirkuit dapat diimplementasikan dengan kabel atau pipa instalasi NYA NYM melalui terintegrasi di bawah permukaan dinding sehingga tidak melihat atau terlihat di permukaan Dinding.


Penyaluran di atas plapon dapat dilaksanakan dengan cara :

  • Kabel rumah NYA di atas rol isolator (sistem rentang)
  • Kabel rumah NYA di dalam pipa PVC atau galvanis
  • Kabel NYM berselubung dan berinti banyak.

NYA kabel roll pada penebat (sistem akhir) perlu dipasang cukup jauh diapit antara titik tumpuan penebat tidak boleh lebih besar dari 1 meter kepada 1.5 mm2 berpenampang kabel rumah dan 2.5 mm2. Jarak minimum dari dinding 1 cm manakala jarak antara anak kabel hendaklah sekurang-kurangnya 3 cm;


11 Komentar untuk "Jenis Kutub Sumber Tegangan Pada Instalasi Listrik Penerangan yaitu"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel