Jumlah Kabel Yang Terdapat Dalam Stop Kontak Adalah

rangkaian stop kontak


Jumlah kabel yang terdapat dalam stop kontak adalah d. 3 kabel yaitu fasa, netral dan ground (seperti terlihat pada gambar di atas). Kabel merah mengindikasikan kabel fasa, kabel biru mengindikasikan netral, dan kabel hijau mengindikasikan kabel ground. Berbeda dengan bohlam lampu yang hanya memiliki dua sambungan kabel yaitu kabel fasa (merah) dan netral (biru).

Pada dasarnya fungsi utama dari stop kontak ini adalah untuk menghubungkan antara sumber listrik (PLN ataupun genset) dengan peralatan elektronik seperti Mesin cuci, Charger HP, Kipas angin dan lain-lain.

Akan tetapi pengertian lain dari stop kontak ini merupakan sebuah peralatan listrik yang digunakan untuk menghubungkan sumber listrik ke beban listrik selain lampu seperti Oven, Kulkas, Televisi, Kompor Listrik, Charger HP, Charger Laptop dan lain-lain. Komponen ini selalu ada di setiap instalasi rumah dan gedung.

Bisa dilihat pada gambar bahwa stop kontak ini mempunyai kabel ground (warna hijau). Fungsi dari kabel ground pada stop kontak ini adalah untuk memproteksi pengguna (manusia) dan peralatan elektronik yang terhubung ke stop kontak tsb. Jadi kabel ground ini terhubung dengan elektroda yang ditanam di dalam bumi / tanah. 

Jadi fungsi dari grounding ini adalah akan mengalirkan arus listrik ke tanah apabila terjadi arus berlebih ataupun kegagalan isolasi peralatan elektronik. Misalkan ketika kita memegang gagang setrika-an maka apabila terjadi kegagalan isolasi maka kita akan ter-setrum. Hal tsb terjadi karena tidak adanya sistem grounding pada stop kontak tsb. Apabila ada sistem grounding maka arus listrik dari kegagalan isolasi tersebut akan dialirkan ke tanah dengan kabel grounding.

Grounding pada stop kontak ini juga berfungsi untuk melindungi peralatan elektronik dari kerusakan. Jadi ketika terjadi korseting listrik (misalkan) apabila terdapat sistem grounding yang bagus, maka arus berlebih tsb akan dialirkan ke tanah sehingga peralatan elektronika kita seperti TV, Kulkas, Mesin cuci dan lain-lain tetap aman.

Berbeda dengan lampu yang tidak memiliki kabel grounding. Lampu ini hanya dihubungkan ke kabel fasa (merah) dan netral (ground). Hal tsb terjadi karena lampu tidak berkontak langsung dengan pengguna (manusia) sehingga tidak perlu dipasang grounding. 

Silahkan Tontoh Vidio di bawah ini ...!!

4 Komentar untuk "Jumlah Kabel Yang Terdapat Dalam Stop Kontak Adalah"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel