Pengaman listrik thermos biasa disebut

 

Pengaman listrik thermos biasa disebut dengan MCB (Miniatur Circuit Breaker). 


Pengaman jenis ini memutuskan aliran listrik berdasarkan suhu (thermos) yang dideteksi di kabel listrik. 

Jadi cara kerjanya adalah ketika suatu instalasi listrik mengalami korsleting, maka kabel tsb akan mengeluarkan energi panas. Energi panas inilah yang akan diproses oleh MCB untuk memutuskan aliran listrik. Sehingga ketika MCB terputus (nge-trip) tidak ada arus listrik yang mengalir dan semua peralatan listrik mati.


Pembahasan Pengaman Listrik Termos (Panas)

cara kerja MCB

Lebih spesifik lagi cara kerja dari MCB ini adalah seperti terlihat pada gambar diatas bahwa pada MCB terdapat satu bagian yang terbuat dari bahan bimetal. Jadi ketika terjadi hubung singkat maka bimetal ini akan panas. 

Ketika bahan bimetal tsb panas maka akan melengkung (seperti terlihat pada gambar di atas) yang menyebabkan Saklar pada MCB terbuka (tidak terhubung). Hal tsb menyebabkan MCB nge-trip atau terputus sehingga tidak mengalirkan listrik. 




Keselamatan (Perlindungan) Armor pencahayaan, pencahayaan perlengkapan dan lampu harus sedemikian rupa sehingga semua bagian dari ketegangan dan bagian yang terbuat dari logam, dengan baik teramankan kemungkinan kontak; Semua bagian dari armatur tegangan pencahayaan harus membumi.perlengkapan pencahayaan dan lampu harus dijamin tahan lama dan mudah rontok.


Kontak kotak untuk titik sirkuit cabang di instalasi penerangan listrik. Setiap fase keluar peralatan kabel sirkuit (PHB) diikat sebagai MCB surge protector. Dalam kotak instalasi rumah sederhana untuk sirkuit ini hanya dalam bentuk kotak di mana ada satu atau dua MCB seperti pada gambar Setiap kelompok harus diberi MCB kapasitas keselamatan sesuai dengan kabel konduktor CRC dan harus disesuaikan dengan beban.Beban di masing-masing kelompok tidak harus sama dengan atau tidak harus seimbang.


Isolasi resistensi (resistance) kabel instalasi listrik adalah salah satu elemen yang menentukan kualitas instalasi listrik, karena fungsi utama sebagai sarana mengamankan isolasi instalasi listrik. Ketentuan-ketentuan dalam resistansi isolasi diatur dalam PUIL sebagai berikut:


resistansi isolasi dari bagian instalasi listrik di kering harus memiliki nilai minimal 1000 ohm per 1 Volt tegangan nominal, dengan pengertian bahwa arus kebocoran setiap bagian dari instalasi listrik pada tegangan nominalnya tidak boleh melebihi 1 mA per 100 m panjang instalasi listrik. resistansi isolasi dari bagian instalasi listrik di lembab atau ruang basah harus memiliki nilai minimal 100 ohm per 1 volt tegangan nominal.




4 Komentar untuk "Pengaman listrik thermos biasa disebut"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel