Pengamanan terhadap jaringan listrik terhadap korsleting adalah

 

contoh gambar MCB

Pengamanan terhadap jaringan listrik terhadap korsleting adalah MCB (Miniatur Circuit Breaker). Pengaman jenis ini berfungsi untuk melindungi instalasi rumah atau gedung dengan cara memutuskan aliran listrik ketika terjadi gangguan seperti korsleting.


Cara Kerja Pengaman MCB (Miniature Circuit Breaker)

Jadi MCB ini bekerja berdasarkan energi panas yang dihasilkan oleh kabel penghantar ketika terjadi korsleting listrik. 

Jadi cara kerjanya adalah :
  1. Ketika terjadi gangguan misalkan kabel fasa (positif) dan netral (negatif) bersentuhan maka akan terjadi hubung singkat.
  2. Hubung singkat tsb menyebabkan korsleting listrik.
  3. Ketika terjadi korsleting listrik maka kabel akan panas.
  4. Panas dari kabel tsb akan membuat bahan bimetal pada MCB menjadi melengkung (seperti gambar dibawah ini). 
Cara Kerja MCB


Bahan bimetal yang melengkung tsb mengakibatkan saklar pada MCB terputus sehingga MCB tidak mengalirkan arus listrik.





resistansi isolasi langkah pengukuran adalah sebagai berikut: Hapus semua koneksi ke beban, ke jaringan, dan bumi (kecuali konduktor keselamatan) dan hubungan antara rel / terminal netral dan rel / keamanan terminal (pembumian). Ukur tahanan isolasi di berikut: Antara fase konduktif dengan nol konduktor, antara fase R dengan N, dengan fase N S, dan fase T dengan N. Antara fase konduktif dengan fase, antara fase R dengan fase S, fase ke fase R T, dan T-fase ke fase S.

Antara fase konduktif dengan konduktor pengaman (pembumi) yaitu antara fase R dengan tanah, dengan fase S tanah, fase T dengan tanah. Antara nol konduktor (N) dengan konduktor pengaman (ground / G). Gambar 3.13 Mengukur Isolasi Perlawanan, dan Grounding

Pengujian landasan pembumian tahanan. Setelah instalasi selesai maka kita memeriksa tahanan grounding. Berdasarkan landasan PUIL baik di bawah 5 ohm. Ketika kami selesai menginstal semua komponen kita perlu memeriksa instalasi tahanan grounding PUIL apakah sudah memenuhi standar atau tidak. Tahanan landasan tiba-tiba bisa naik karena berbagai faktor seperti elektroda grounding ditanamkan atau berkarat. Oleh karena itu kita perlu memeriksa tahanan grounding setiap tahun masih nilai yang sesuai berdasarkan PUIL. Untuk membuatnya lebih mudah untuk memeriksa tahanan grounding kita perlu untuk membangun sebuah elektroda kotak kontrol untuk memudahkan pemeriksaan.
• Untuk pembumian / grounding / pembumian digunakan menggunakan kabel BC (tembaga) (tembaga) dengan ukuran penampang 4 mm2 menggunakan pipa PVC 1,25m tinggi.
• Tahanan pembumian setidaknya 5 ohm.

4 Komentar untuk "Pengamanan terhadap jaringan listrik terhadap korsleting adalah"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......