Sebutkan bentuk-bentuk gambar pada instalasi listrik

 

Sebutkan bentuk-bentuk gambar pada instalasi listrik

  1. Gambar Situasi
  2. Gambar Diagram Garis Tunggal
  3. Gambar Diagram Pengawatan
  4. Gambar Diagram Pemipaan
  5. Gambar Diagram PHB (Panel Hubung Bagi)


Pembahasan Bentuk Gambar Instalasi Listrik


Gambar Situasi

contoh diagram situasi

Gambar situasi ini menjelaskan letak rumah kita untuk menyambungkan jaringan listrik PLN. Denah situasi ini tentu memudahkan instalatir dalam melakukan pemasangan instalasi listrik.


Gambar Diagram Garis Tunggal
contoh diagram satu garis

Diagram garis tunggal ini menjelaskan tentang aliran listrik dan sambungan kabel dari sumber PLN pada KWH meter sampai dengan setiap peralatan listrik di rumah kita. Diagram singgle line ini biasa disebut sebagai diagram perencanaan karena tidak menjelaskan secara detail sambungan kabel pada terminal setiap peralatan listrik. 

Bisa dilihat pada gambar (maaf agak kurang jelas) 
  • Kabel Fasa disimbulkan dengan garis miring warna merah.
  • Kabel Netral disimbulkan dengan garis miring warna biru.
  • Kabel Ground disimbulkan dengan garis miring warna hijau.
contoh diagram singgle line

Gambar diatas merupakan contoh dari diagram garis tunggal yang biasa dipakai acuan dalam praktikum mahasiswa teknik elektro. Pada gambar diatas bisa dilihat bahwa kabel fasa dan netral disimbulkan dengan garis yang berbeda. Pada gambar diatas terdapat tiga komponen yaitu : saklar tunggal, stop kontak dan lampu. Diagram garis tunggal ini menjelaskan sambungan kabel pada setiap komponen instalasi listrik.


Gambar Diagram Pengawatan

gambar diagram pengawatan

Fungsi dari diagram pengawatan ini sama persis seperti diagram garis tunggal. Yang membedakan adalah pada diagram pengawatan sambungan kabel pada masing masing komponen digambarkan secara detail (seperti contoh gambar di bawah).

contoh diagram pengawatan

Diagram pengawatan diatas merupakan contoh diagram pengawatan yang biasa digunakan mahasiswa teknik elektro dalam praktikum pemasangan komponen pada instalasi listrik.

Bisa dilihat pada gambar bahwa sambungan kabel di setiap komponen digambarkan secara detail sehingga memudahkan mahsiswa dalam pemasangan kabel ke setiap terminal komponen. Selain itu diagram ini juga memudahkan mahasiswa dalam memahami aliran listrik dari sumber ke komponen.


Gambar Diagram Pemipaan

gambar diagram pemipaan


Pada dasarnya diagram pemipaan ini menjelaskan tentang simulasi ketika pipa PVC ini ditanam dalam tembok bangunan. Seperti kita ketahui pada instalasi rumah dan gedung saat ini kabel ditanam dalam tembok menggunakan pelindung pipa instalasi.


contoh diagram pemipaan


Diagram pemipaan diatas merupakan contoh diagram yang dipakai mahasiswa teknik elektro saat praktikum mata kuliah IPL (Instalasi Penerangan Listrik). 

Diagram PHB (Panel Hubung Bagi)

gambar diagram PHB

Panel Hubung Bagi ini menjelaskan tentang :

  • Pembagian kelompok
    Pada gambar diagram PHB diatas terlihat bahwa kami membagi jadi 2 kelompok yaitu : kelompok 1 beban selain lampu (seperti TV, Setrikaan, Kipas Angin, Oven, Kompor Listrik dan lain lain) dan kelompok 2 beban lampu.

  • Rating Pengaman dari KWH meter sampai MCB cabang
    Pada gambar diatas terlihat bahwa Rating MCB utama (pada KWH-Meter) adalah 10 A. Sedangkan rating MCB cabang adalah 6A dan 2A.

  • Kabel yang digunakan
    Kabel yang digunakan pada instalasi ini adalah kabel NYM berukuran 1,5 mm2. Kemudian pada kelompok 1 menggunakan 3 inti kabel (Fasa, netral, dan netral)  sedangkan pada kelompok 2 menggunakan 2 kabel inti kabel yaitu (fasa dan netral).

    Kelompok 2 hanya menggunakan 2 kabel karena beban yang dilayani hanya lampu sehingga tidak membutuhkan kabel ground.


6 Komentar untuk "Sebutkan bentuk-bentuk gambar pada instalasi listrik"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel