Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Single Line Diagram Instalasi Rumah

Single Line Diagram Instalasi Rumah

Singgle Line Diagram Instalasi Rumah adalah sebuah diagram listrik yang terdiri dari satu garis / singgle line yang menjelaskan tentang hubungan antara semua komponen pada instalasi listrik rumah tersebut. Diagram satu garis ini biasa disebut sebagai diagram perencanaan. 

Pada gambar di atas kami membuat denah tsb menggunakan aplikasi AutoCAD. Denah tsb kami buat kurang lebih selama 1 jam proses pengerjaan. Kami membuat denah tsb menjadi 8 ruangan yaitu :
  • 2 Kamar Tidur
  • 1 Kamar Mandi
  • 1 Ruang Keluarga
  • 1 Garasi
  • 1 Teras
  • 1 Dapur
  • 1 Ruang Tamu

Akan tetapi denah tsb hanya merupakan sebuah contoh denah sederhana yang kami buat. Apabila kalian ingin mendownloadnya (tanpa watermark dari TeknikElektro.com) silahkan klik tulisan "Download" di bawah ini !!

Download

Jadi Diagram Satu Garis Instalasi Rumah ini menjelaskan tentang :
  1. Sambungan kabel dari saklar ke lampu
    Seperti kita ketahui bahwa saklar terbagi menjadi 3 yaitu saklar tunggal, saklar seri, dan saklar tukar. Setiap instalasi saklar tersebut akan berbeda - beda. Diagram satu garis ini menjelaskan mengenai saklar yang digunakan dan sambungan kabelnya.


  2. Sambungan kabel dari KWH Meter ke stop kontak dan saklar.
    Jadi pada diagram satu garis ini akan menjelaskan tentang sambungan kabel dari KWH Meter ke stop kontak dan saklar. Stop kontak tersebut yang nantinya akan dihubungkan ke berbagai macam peralatan elektronik seperti TV, Kulkas, Oven dan lain lain.

Pembuatan Denah Single Line Diagram Instalasi Rumah

Tujuan dari pembuatan diagram satu garis ini yaitu untuk memudahkan instalatir dalam melakukan pemasangan komponen. Maka dari itu diagram satu garis instalasi rumah ini harus sesuai dengan kondisi sebenarnya pada rumah tsb. Untuk itu dibuatlah sebuah skala pada denah misalkan skala 1 : 1000 artinya 1 cm di denah sama dengan 1 meter di kondisi sebenarnya. 

1. Diagram satu garis ini dibuat berdasarkan rekapitulasi Daya

Rekapitulasi Daya adalah jumlah semua komponen yang digunakan pada instalasi penerangan beserta total dayanya. Jadi pembuatan denah instalasi satu garis ini dibuat berdasarkan jumlah komponen yang akan dipasang di rumah tsb.
Tabel Rekapitulasi Daya

2. Penentuan titik lampu dan titik stop kontak

Selain itu penentuan titik pemasangan lampu dan titik pemasangan stop kontak juga tidak boleh sembarangan. Harus memperhatikan beberapa faktor contohnya yaitu : 
  • Jumlah beban listrik yang akan dipasang di stop kontak
    Stop kontak ini nantinya akan dipasang pada tembok rumah. Oleh karena itu instalatir tidak boleh salah memperkirakan jumlah stop kontak yang harus dipasang pada rumah tersebut.

  • Luas ruangan yang akan dipasang lampu
    Semakin luas suatu ruangan maka titik lampu pada ruangan tersebut juga akan semakin banyak. Oleh karena itu seorang instalatir juga tidak boleh sampai salah dalam memperkirakan jumlah lampu pada suatu ruangan.

  • Dan lain lain.


Posting Komentar untuk "Single Line Diagram Instalasi Rumah"