Teknik Perancangan Instalasi Listrik Bertujuan Untuk

Panduan Umum Instalasi Listrik PUIL 2011


Teknik Perancangan Instalasi Listrik bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan.


Berdasarkan PUIL 2011, suatu instalasi listrik harus direncanakan, dipasang, dan diperiksa, agar :

  • Instalasi Listrik tsb dapat dioperasikan dengan baik.
  • Terjamin keamanan instalasi listrik beserta perlengkapannya
  • Terjamin keamanan gedung serta isinya terhadap kebakaran akibat listrik
  • Terjamin keselamatan manusia.
PUIL (Panduan Umum Instalasi Listrik) merupakan sebuah buku pedoman / acuan bagi seorang instalatir untuk melakukan perencanaan dalam instalasi listrik. Buku ini diterbitkan oleh Badan Standariasasi Nasional.





Setiap instalasi harus ada rencana instalasi yang disetujui; instalasi listrik harus dirancang, dipasang, dan dipelihara sedemikian rupa sehingga tidak menciptakan bahaya kebakaran dan mencegah penyebaran api; Peralatan dan peralatan listrik yang terpasang di instalasi harus; Memenuhi ketentuan standar yang identifikasi: nama dan tegangan, daya dan identifier saat ini dan data teknis lainnya berlalu SNI. PUIL 2011 sesuai dengan instalasi listrik harus dilengkapi Perlindungan perlindungan keselamatan dari Perlindungan Perlindungan sengatan listrik dari efek termal instalasi listrik tegangan proteksi arus yang baru dipasang atau perubahan harus diperiksa, diuji dan jika perlu diuji sebelum dioperasikan. Perencana, installer, dan inspektur instalasi listrik harus memiliki izin dan dilakukan oleh tenaga teknis dan komponen sesuai dengan General bidangnya.Ketentuan Instalasi Gambar Instalasi dilakukan berdasarkan hal-hal sebagai berikut: Gambar situasi,

Meliputi tata letak bangunan yang akan dipasang dan koneksi jaringan dari rencana. Gambar instalasi, yang terdiri dari: Rencana penempatan peralatan listrik, seperti lampu spot, switch, kotak-kontak, PHB, dan sebagainya; Rencana untuk menghubungkan peralatan listrik dengan cara hambanya, sebagai akelar dengan lampu, motor dan pengasutnya, dan lain-lain; peralatan data teknis untuk diinstal, dan sebagainya. Panel Diagram Hubung Bagi (PHB), menjelaskan mengorbankan keselamatan Penilaian terpasang, ukuran dan jenis konduktor sistem pembumian. Gambar rincian keterangan meliputi: ukuran fisik, Cara setup alat listrik, Bagaimana kabel, peralatan dan Ketentuan instalasi Umum Ketentuan Umum PeralatanSelungkup dan bingkai logam harus dilengkapi dengan sekrup dan terminal untuk pembumian.Perlengkapan listrik tidak boleh berbahaya dan harus tahan terhadap kerusakan mekanis, termal dan kimia dalam setiap peralatan listrik harus jelas sinyal sesuai dengan ketentuan SNI. Ketentuan Umum instalasi peralatan listrik harus dipasang dengan benar sehingga pelayanan pemeriksaan dan perawatan mudah dan aman. Peralatan listrik harus dipasang, terhubung dan diamankan dengan cara seperti agar tidak menyebabkan lampu bahan yang mudah terbakar up; kandang dan bingkai logam peralatan harus dibumikan dengan benar dan tepat; layanan handle (pegangan pintu) dari logam atau seperti seharusnya tidak pernah tegangan.

12 Komentar untuk "Teknik Perancangan Instalasi Listrik Bertujuan Untuk"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel