Alat listrik yang digunakan sebagai pengaman untuk mencegah kebakaran disebut


Alat listrik yang digunakan sebagai pengaman untuk mencegah kebakaran disebut Sekering atau Fuse. (Jika tidak ada pilihan tersebut pilihlah MCB / Miniature Circuit Breaker)


Sekering ini merupakan alat pengaman pada instalasi listrik dimana memutuskan arus listrik ketika terjadi gangguan seperti korsleting. Jadi cara kerjanya adalah ketika terjadi korsleting listrik maka kawat pada sekering (lihat gambar di bawah) akan terbakar karena suhu yang terlalu tinggi.

Hal tsb membuat tidak ada listrik yang mengalir ke rangkaian atau rangkaian terputus.

sekering pencegah kebakaran


Kenapa Sekering dapat mencegah terjadinya kebakaran ?


Seperti penjelasan di atas fungsi dari sekering ini adalah memutuskan rangkaian ketika terjadi gangguan seperti korsleting listrik. Jadi korsleting listrik ini dapat mengakibatkan kebakaran jika tidak ada pengaman seperti sekering. 


Kenapa hal tsb bisa terjadi ?

Karena jika terjadi korsleting dan arus listrik tidak diputus maka peralatan elektronik seperti TV, Kulkas, Komputer, Kompor listrik dan lain lain dapat terbakar. Oleh karena itu ketika terjadi korsleting listrik maka rangkaian harus sesegera mungkin di putus. Dan tugas dari sekering ini adalah untuk memutus rangkaian secara otomatis ketika terjadi korsleting listrik.






Fuse merupakan perlengkapan yang dipakai buat memastikan arus listrik kala kendala internal. Pada dasarnya, sekering ini mempunyai guna yang sama dengan MCB tersebut. Tetapi sekering cuma bisa memakai popok sekali gunakan, sebab dalam permasalahan kendala internal, semacam sirkuit pendek serta beban kelewatan hingga kawat sekering rusak serta wajib ditukar dengan yang baru. Oleh sebab itu, biasanya muncul di instalasi rumah serta tempat atau bangunan sudah mengambil MCB buat lebih instan serta murah menyatu dibandingkat.


resistan isolasi bagian dari instalasi listrik di kering wajib punya value paling tidak 100 ohm buat 1 Volt tegangan nominal, dengan penafsiran kalau arus kebocoran tiap bagian dari tata listrik tegangan nominalnya tidak harus melebihi 1 mA per 100 meter dari panjang instalasi listrik tahanan isolasi dari bagian- bagian instalasi listrik basah ataupun lembab ruang wajib mempunyai nilai minimun 100 ohm per 1 volt tegangan minimal.


MCB mempunyai guna yang sama dengan sekering merupakan buat mematikan listrik secara otomatis kala terdapat kendala internal, semacam ikatan arus serta kelebihan beban. Tetapi, MCB bisa digunakan sebagian kali tidak semacam sekering bila rusak hingga wajib ditukar dengan yang baru. Sekering ini lebih boros serta tidak efisien dibanding dengan pengaman MCB. Oleh sebab itu pada instalasi listrik rumah serta gedung saat ini lebih banyak memakai MCB dibanding fuse ini. Sekering ini telah sangat tidak sering sekali dipakai di instalasi rumah tinggal rumah.

Belum ada Komentar untuk "Alat listrik yang digunakan sebagai pengaman untuk mencegah kebakaran disebut"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......