Salah satu upaya penghematan energi listrik adalah

 

Salah satu upaya penghematan energi listrik adalah C. Seluruh instalasi listrik di rumah menggunakan rangkaian paralel.


Seperti kita ketahui bahwa rangkaian listrik ini dibagi menjadi dua yaitu rangkaian listrik seri dan paralel. Lihat gambar di bawah ini !!!

Upaya penghematan energi listrik

  • Pada rangkaian listrik seri terlihat bahwa tidak ada percabangan kabel sehingga arus listrik mengalir hanya pada satu kabel.
  • Sementara itu pada rangkaian paralel terdapat pencabangan kabel (pada gambar di atas dibagi menjadi dua cabang kabel) hal tsb membuat arus listrik mengalir pada dua jalur kabel. 

Kenapa Rangkaian Paralel lebih hemat dari Rangkaian Seri ??

Hal tsb terjadi karena pada rangkaian seri arus mengalir hanya pada satu jaringan kabel (karena tidak ada percabangan pada kabel) sehingga nyala lampu menjadi lebih terang yang menyebabkan baterai cepat habis.

Sementara itu pada rangkaian paralel arus listrik mengalir ke bebarapa cabang sehingga nyala lampu tidak terlalu terang. Hal tsb membuat baterai pada rangkaian paralel ini menjadi lebih hemat.











Sel menyimpan energi kimia dan mentransfernya ke energi listrik saat rangkaian dihubungkan. Saat dua atau lebih sel berada terhubung bersama yang kami sebut ini sebuah baterai. Energi kimia sel adalah habis mendorong putaran saat ini sebuah sirkuit. Apa itu arus listrik? Arus listrik adalah aliran partikel mikroskopis


disebut elektron yang mengalir melalui kabel dan komponen. Ke arah mana arus mengalir? dari terminal Negatif ke terminal Positif a sel. sirkuit sederhana Ini sirkuit listrik sederhana. Ini memiliki sel, a lampu dan saklar. Untuk membuat rangkaian, komponen-komponen ini dihubungkan bersama dengan kabel penghubung logam. sel saklar lampu kabel sirkuit sederhana Saat sakelar ditutup, lampu menyala. Ini adalah karena ada jalur logam yang kontinu untuk arus listrik mengalir di sekitar. Jika ada gangguan di sirkuit, arusnya tidak bisa mengalir. diagram sirkuit kabel sakelar lampu sel Ilmuwan biasanya menggambar sirkuit listrik menggunakan simbol; diagram sirkuit Dalam diagram sirkuit, komponen diwakili oleh simbol berikut; lampu sakelar baterai sel motor voltmeter amperemeter bel variabel resistor penghambat jenis sirkuit Ada dua jenis rangkaian listrik; SIRKUIT SERI SIRKUIT PARALEL Komponennya terhubung ujung ke ujung, satu



setelah yang lain. Mereka membuat lingkaran sederhana agar arus mengalir bulat. SIRKUIT SERI Jika satu bola lampu 'meledak' maka seluruh sirkuit dan semua bohlam padam. SIRKUIT PARALEL Arus memiliki pilihan rute. Komponen-komponen tersebut dihubungkan berdampingan. Jika satu bohlam 'meledak' masih ada sirkuit yang lengkap bohlam lainnya agar tetap menyala. mengukur arus Arus listrik diukur dalam amp (A) menggunakan ammeter yang dihubungkan secara seri di sirkuit. mengukur arus Ini adalah cara kami menggambar amperemeter di sirkuit. SIRKUIT PARALEL SERI SIRKUIT mengukur arus SIRKUIT SERI SIRKUIT PARALEL Arusnya sama di semua titik di sirkuit. saat ini dibagikan diantara komponen salin sirkuit berikut dan isi pembacaan amperemeter hilang. mengukur tegangan Dorongan listrik' yang diberikan sel pada arus disebut tegangan. Ini diukur dalam volt (V)



pada a voltmeter Sel yang berbeda menghasilkan voltase yang berbeda. Itu Semakin besar tegangan yang disuplai oleh sel, semakin besar arus. mengukur tegangan Tidak seperti ammeter, voltmeter disambungkan komponen Ilmuwan biasanya menggunakan istilah Beda Potensial (pd) ketika mereka berbicara tentang tegangan. mengukur tegangan Ini adalah cara kami menggambar voltmeter di sirkuit. SIRKUIT PARALEL SERI SIRKUIT mengukur tegangan sirkuit seri 1.5V tegangan dibagi antar komponen 3V tegangan sama di semua bagian sirkuit. Sirkuit Paralel 3V mengukur arus & tegangan salin sirkuit berikut pada dua berikutnya slide.lengkapi arus dan tegangan yang hilang bacaan. ingat aturan arus dan tegangan dalam rangkaian seri dan paralel. mengukur arus & tegangan Sebuah) mengukur arus & tegangan 4A A SEBUAH b)jawaban

Belum ada Komentar untuk "Salah satu upaya penghematan energi listrik adalah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......