Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah

Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah

Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah Dari energi gerak (yang disebabkan oleh kincir angin yang berputar) menjadi energi listrik.


Seperti kita ketahui bahwa terdapat satu hukum yang dinamakan Hukum Kekekalan Energi yang dikemukakan oleh seorang ilmuan inggris bernama James Prescott Joule dimana Hukum tersebut berbunyi : 

"Energi tidak bisa menghilang, energi hanya bisa berubah ke bentuk lain" 


Hukum kekekalan energi tsb yang mendasari terciptanya energi listrik. Pada pembangkit listrik tenaga angin, energi listrik tercipta karena kincir angin yang berputar, kemudian hasil perputaran kincir angin tsb akan diproses oleh generator menjadi energi listrik. 


Proses Konversi energi yang terjadi pada Pembangkit Listrik Tenaga Angin

  1. Kincir angin porosnya terhubung oleh rotor pada generator

  2. Maka dari itu ketika kincir angin berputar maka rotor pada generator juga akan berputar

  3. Kemudian generator akan membangkitkan medan magnet pada stator dengan cara mengalirkan listrik ke kumparan stator, atau biasa kita sebut sebagai energi eksitasi.

  4. Ketika suatu kumparan dialiri arus listrik maka akan menghasilkan medan magnet

  5. Kemudian berdasarkan hukum Induksi Elektromagnetik bahwa ketika suatu penghantar (rotor pada generator) berputar di dalam medan magnet (pada stator) maka akan menghasilkan GGL (Gaya Gerak Listrik) atau muatan listrik.

  6. Kemudian listrik yang dihasilkan oleh generator tsb dialirkan ke gardu transmisi untuk dinaikkan tegangannya atau di step up.

  7. Setelah itu listrik akan dialirkan ke gardu distribusi untuk kemudian dialirkan ke konsumen.





Dalam kebanyakan kematian dan keracunan, seseorang diatasi setelah menempatkan generator di dalam ruangan atau di area yang sebagian tertutup. Membuka jendela atau pintu tidak memberikan ventilasi yang memadai. Jika Anda akan menggunakan generator, generator harus ditempatkan di luar, jauh dari jendela atau ventilasi yang dapat menarik knalpot ke dalam ruangan. Sebagai tindakan pencegahan tambahan, pasang detektor karbon monoksida bertenaga baterai di rumah Anda dan uji secara teratur.


Pastikan generator Anda diardekan dengan benar. Ada baiknya untuk memasangkannya ke pemutus sirkuit gangguan tanah portabel (GFCI) yang akan menghentikan aliran listrik jika seseorang disetrum. Jika Anda harus menggunakan kabel ekstensi, pilih kabel luar ruangan yang memiliki nilai daya yang dapat menampung total beban dari peralatan dan perangkat yang akan Anda nyalakan.


Jangan pernah mencoba menggunakan generator untuk menyalakan kabel di rumah Anda dengan menyambungkannya ke stopkontak. Pendekatan ini, yang disebut "backfeeding," dapat membahayakan nyawa pekerja perusahaan listrik dan tetangga Anda dengan mengirimkan arus yang tidak terduga dan tidak terkendali melalui saluran.

Jangan gunakan generator Anda dalam kondisi basah. Jika hujan atau turun salju, letakkan semacam kanopi di atas generator untuk melindunginya dari kelembapan. Putuskan sambungan dan matikan semua peralatan yang terhubung ke generator sebelum Anda mematikannya.

Jangan mengisi bahan bakar generator Anda saat sedang berjalan karena bagian-bagiannya akan panas. Matikan generator dan biarkan dingin. Simpan bahan bakar untuk generator Anda dalam wadah tertutup rapat di luar rumah Anda dan jauh dari sumber panas seperti generator, tungku, atau pemanas air. “Karbon monoksida memang mematikan, tetapi sama sekali tidak berwarna dan tidak berbau, jadi Anda tidak akan tahu apakah itu ada di sana. 


Generator cenderung menjadi panas saat beroperasi, jadi hindari menyentuhnya, dan jauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan. Selain risiko kelistrikan yang terkait dengan generator portabel, pemilik juga harus mewaspadai bahaya lain. Generator portabel membakar bensin, propana, atau bahan bakar lain untuk menghasilkan listrik, dan pembakaran tersebut menghasilkan gas buang yang mengandung karbon monoksida. 


Jangan melebihi nilai daya generator atau Anda dapat merusak generator dan peralatan apa pun yang terhubung dengannya. Generator yang kelebihan beban juga dapat menyebabkan kebakaran.

Belum ada Komentar untuk "Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......