Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi

 

Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi

Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi - Di era modern seperti saat ini manusia tidak bisa lepas dari penggunaan Energi listrik dan Energi dari bahan bakar Fossil. Tanpa energi tsb manusia tidak akan mungkin bisa melakukan segala aktivitas-nya. Untuk bahan bakar fossil sendiri sampai saat ini masih digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor dan sebagai bahan bakar dari Pembangkit Listrik.


Oleh karena itu kita perlu untuk menghemat energi listrik dan penggunaan bahan bakar fossil tsb karena untuk bahan bakar fossil suatu saat nanti akan habis dan tidak bisa diperbaruhi lagi.


Langkah yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi sbb :


1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor  

Seperti kami jelaskan di atas bahwa kendaraan bermotor ini menggunakan bahan bakar fossil. Bahan bakar fossil ini suatu saat nanti akan habis dan tidak bisa diperbarui. Jadi dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor kita juga mengarangi pemakaian bahan bakar fossil.


2. Menggunakan transportasi umum 

Dengan menggunakan transportasi umum kita juga dapat mengurangai penggunaan bahan bakar fossil. Ketika kita menggunakan transportasi umum maka untuk mencapai tujuan yang sama dengan mengangkut banyak orang sekaligus sehingga bahan bakar bensin yang digunakan pun juga tidak terlalu banyak dibandingakan ketika setiap orang menggunakan kendaraan pribadi.


3. Berjalan kaki ke tempat yg jaraknya dekat

Dengan berjalan kaki ke tempat yang jaraknya dekat (tidak menggunakan kendaraan bermotor ke tempat yang dekat) itu artinya kita sudah melakukan penghematan terdapat bahan bakar bensin.


4. Menggunakan Sepeda

Salah satu alternatif agar kita tidak menggunakan kendaraan bermotor adalah dengan Menggunakan sepeda. Dengan menggunakan sepeda itu artinya kita sudah melakukan penghematan bahan bakar bensin.


5. Mematikan peralatan elektronik ketika tidak digunakan  

Misalnya adalah dengan mematikan TV, Lampu, AC atau Kipas Angin ketika tidak digunakan. Seperti saya jelaskan diatas bahwa pembangkit listrik saat ini beberapa masih menggunakan bahan bakar fossil (seperti Batu bara). Oleh karena itu kita harus melakukan penghematan penggunaan energi listrik. 


6. Menggunakan peralatan listrik hemat energi

Saat ini sudah banyak sekali peratalan yang hemat energi listrik seperti lampu LED, TV LED, AC Inverter dan lain - lain. Peralatan tsb mempunyai efisiensi daya yang lebih baik daripada peralatan sejenis dengan daya yang sama. Misalnya pada lampu LED dengan daya 9 Watt akan jauh lebih hemat listrik daripada lampu biasa dengan daya yang sama.


7. Menggunakan energi alternatif seperti sinar matahari

Indonesia merupakan negara tropis dengan penyinaran matahari rata - rata 10 sampai 12 jam per hari. Oleh karena itu potensi untuk membangkitkan energi listrik dengan panel surya sangat besar. Akan tetapi sangat sedikit sekali rumah penduduk yang dipasang panel surya ini. Dengan menggunakan panel surya kita sudah mengurangi beban PLN untuk membangkitkan energi listrik.




Menaikkan temperatur saat musim panas dan menurunkannya selama musim dingin adalah cara yang bagus untuk menggunakan termostat agar berfungsi untuk dompet Anda. Departemen Energi (DOE) menyarankan untuk melakukan pengaturan AC ke 78 derajat celcius dan tungku ke 68 derajat untuk menjaga agar rumah Anda dapat tetap nyaman sekaligus mengurangi biaya pembangkitan energi dan mengurangi permintaan listrik.




Peralatan listrik yang dapat dikelola memungkinkan Anda membuat rumah lebih dingin selama Anda tidak di rumah. Ini mengurangi bahaya perbedaan suhu antara ekstrim luar dan dalam rumah Anda, yang pada gilirannya mengurangi kehilangan daya. Jika Anda tidak memiliki pengatur suhu yang dapat diprogram, Anda dapat menyesuaikan unit yang ada dalam keadaan manual.




Stereos, pemutar DVD, televisi, peralatan listrik, dan peralatan lain yang terhubung ke sumber listrik menyedot sedikit daya bahkan saat dimatikan. Gunakan penekan lonjakan untuk menghentikan sepenuhnya saat tidak digunakan, atau cabut item ini sampai Anda benar-benar membutuhkannya. Menurut DOE, menggunakan soket ekstensi canggih untuk mengontrol daya yang digunakan oleh peralatan idle dapat menghemat $ 100 setahun.


Rumah yang terisolasi dengan baik mengurangi jumlah rupiah yang akan Anda keluarkan untuk pemanasan dan pendinginan. Mulailah dengan memeriksa loteng Anda. Jika loteng Anda belum selesai, Anda seharusnya tidak dapat melihat balok lantai. Jika Anda bisa melihatnya, tambahkan lebih banyak isolasi.


Juga, pastikan anda tidak mengisi dan menutup setiap lubang di dinding luar Anda, seperti tempat masuknya pipa ke dalam rumah, dan di sekitar jendela dan pintu. Bungkus ketel dan pipa yang terbuka dengan insulasi untuk membantu & mengatasi suhu yang tepat.


Belum ada Komentar untuk "Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......