Alat untuk memutus arus listrik saat terjadi korsleting adalah

 

Alat untuk memutus arus listrik saat terjadi korsleting adalah Sekering atau bisa juga MCB - Miniature Circuit Breaker (Pilih salah satu).

Alat untuk memutus arus listrik saat terjadi korsleting adalah

Dua alat ini (Sekering dan MCB) mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk memutus arus listrik ketika terjadi gangguan seperti korsleting. Walaupun mempunyai fungsi yang sama MCB ini jauh lebih banyak digunakan daripada sekering. Mengapa hal tsb bisa terjadi simak penjelasannya berikut ini !!!


Perbedaan MCB dan Sekering

1. MCB (Miniature Circuit Breaker)

Circuit Breaker

MCB adalah perangkat keamanan yang digunakan untuk mengurangi listrik ketika terjadi gangguan, seperti korsleting. Oleh karena itu, prinsip kerja adalah ketika MCB mendeteksi bahwa suhu sirkuit di atas rata-rata, MCB akan memotong listrik. Suhu tinggi / di atas rata-rata ini yang dapat menyebabkan kebakaran.

Untuk detail lebih lanjut, cara kerjanya dari MCB ini, ada bahan bimetal di MCB (terlihat dalam gambar). Ketika bahan bimetal terlalu panas, melengkung. Ketika bimetal melengkung akan menyebabkan kontak beralih untuk terputus di MCB sehingga MCB tidak menghabiskan arus listrik.


2. Sekering

Skring

Fuse atau sekering ini adalah komponen instalasi listrik yang sudah tua dan ketinggalan jaman dibandingkan dengan MCB. Saat ini, sekering ini telah digunakan dengan sangat jarang di fasilitas rumah dan konstruksi.

Oleh karena itu, fungsi sekering ini persis sama dengan MCB adalah memutuskan arus listrik ketika terjadi gangguan, seperti korsleting. Kemudian, cara kerjanya adalah kabel dalam sekering ini (lihat gambar di atas) akan mengalirkan arus listrik.

Ketika korsleting listrik listrik terjadi, kabel dalam sekering akan terbakar karena suhunya meluap. Kawat Ardor menyebabkan daya listrik mengalir ke dalam sekering, juga terputus sehingga listrik tidak mengalir dan listrik dimatikan di rumah.

Mengapa sekering ini dianggap tua dan jarang digunakan di fasilitas untuk rumah?

Karena ketika sekering ini adalah kabel pada / terputus (karena korsleting listrik), itu harus diganti dengan yang baru. Oleh karena itu, sekring ini menjadi tidak praktis dan membutuhkan biaya tambahan ketika korsleting pendek karena kabel harus diganti.

Tidak seperti MCB ketika ada selokan listrik, MCB ini memecah sirkuit. Tetapi perbedaannya adalah untuk menghubungkan aliran listrik, cukup tekan tuas MCB ke posisi awal. (Tidak perlu mengganti dengan yang baru sebagai sekering).

Hal-hal untuk membuat MCB ini lebih sering dan umum digunakan dalam fasilitas dan bangunan untuk rumah. Jika Anda tidak percaya, silakan periksa rumah Anda, apakah Anda menggunakan MCB atau sekering !!!





Di dunia energi dan kelistrikan ini merupakan suatu kecelakaan yang sebenarnya sering terjadi. Hal ini (korsleting) yang kemudian akan menyebabkan kerusakan serius pada bangunan, kantor, rumah, sekolah, dan industri. Aliran dan voltase tidak tercapai, meskipun langkah-langkah keamanan telah diambil. Setelah menginstal pemutus sirkuit, itu akan mengontrol tegangan yang tiba-tiba dan peningkatan saat ini. Ini akan membantu kecelakaan. Circuit Breaker dianalogikan seperti jantung pada sistem kelistrikan. Ada beberapa jenis sakelar otomatis yang digunakan sesuai dengan peringkat dan kebutuhan suatu sistem. Di rumah, beberapa jenis sakelar saat ini digunakan dan untuk industri, jenis sakelar saat ini digunakan. Kami membahas berbagai jenis sakelar otomatis dan minat mereka secara detail.


Saklar listrik adalah suatu perangkat switching (pengganti aliran listrik) yang dapat digunakan secara otomatis ataupun manual untuk melindungi dan mengendalikan sistem daya. Dalam sistem kelistrikan moderen, desain pemutus sirkuit telah berubah sesuai dengan kapasitas arus besar dan untuk menghindari busur listrik saat beroperasi.


Listrik yang memasuki rumah atau kantor atau gedung atau industri atau tempat lain di jaringan distribusi daya listrik membentuk sirkuit yang hebat. Aliran yang terhubung ke pabrik energi yang terbentuk pada satu ujung disebut kabel panas dan jalur lain yang terhubung ke lantai membentang ujung lainnya. Setiap kali muatan listrik mengalir di antara kedua baris ini, ia mengembangkan potensi antara keduanya. Untuk sirkuit lengkap, pemuatan koneksi (peralatan) menawarkan hambatan untuk memuat aliran dan seluruh sistem energi di rumah atau industri akan bekerja tanpa masalah.


Belum ada Komentar untuk "Alat untuk memutus arus listrik saat terjadi korsleting adalah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......