Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik

Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik

Energi listrik merupakan kebutuhan vital bagi manusia saat ini. Tanpa adanya listrik tidak mungkin kehidupan manusia di era modern ini dapat berjalan. Tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa energi listrik ini juga perlu untuk dihemat dikarenakan dapat menyebabkakn dampak negatif, apabila energi listrik tidak dihemat.


Lalu apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik ?? Simak penjelasannya berikut ini !!!


Dampak tidak menghemat Energi Listrik

1. Terjadi pemadaman listrik bergilir.

Pernahkan kalian mengalami pemadaman listrik di rumah ataupun tempat tinggal kalian. Hal tsb bisa juga terjadi karena terlalu banyak energi listrik yang terpakai pada wilayah tsb sehingga generator tidak sanggup untuk melayani kebutuhan listrik di wilayah tsb. 


Akan tetapi biasanya pemadaman listrik ini juga disebkan karena terjadinya gangguan atau bahkan kerusakan pada sistem distribusi listrik ataupun bisa juga karena terjadi gangguan pada generator.

Kebanyakan gangguan ini bisa terjadi karena adanya bencana alam seperti hujan lebat, badai, banjir, bahkan gempa bumi sehingga aliran listrik terpaksa dimatikan agar tidak membahayakan penduduk. 


2. Menyebabkan berkurangnya SDA / sumber daya alam

Saat ini pen-supply energi listrik terbesar di Indonesia masih dipeganga oleh PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap). Uap ini dihasilkan dari pembakaran batu bara yang mana batubara merupakan Sumber daya alam bahan bakar fossil yang mana tidak bisa di daur ulang dan suatu saat akan habis. 


3. Meningkatkan polusi

Seperti saya jelaskan di atas bahwa saat ini supply daya listrik PLN masih dipegang oleh PLTU (Pembangkit Listrik Uap) dengan bahan bakar Batu Bara. PLTU ini mengeluarkan gas buang rumah kaca seperti CO2 dalam pembakar batu bara tsb sebagai penggerak turbin. Gas CO2 ini menyebabkan polusi udara dan tidak baik untuk manusia maupun hewan dan tumbuhan.


4. Meningkatnya pemanasan global

Gas rumah kaca hasil pembakaran batu bara tsb juga dapat menyebabkan pemanasan global / Global Warming. Pemanasan global ini dapat menyebabkan beberapa masalah lingkungan diantaranya : 

  • Permukaan air laut yang terus meningkat 
    Akibat dari mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan menyebabkkan permukaan air laut yang terus meningkat setiap tahunnya.

  • Bencana Banjir
    Karena permukaan air laut yang semakin tahun semakin meningkat, menyebabkan potensi terjadi banjir juga semakin meningkat.

  • Perubahan iklim yang ekstrem
    Pemanasan global ini juga dapat membuat perubahan iklim yang ekstrem.

  • Terjadinya badai
    Terjadinya badai atau bahkan tornado, salah satu faktornya adalah karena terjadinya pemanasan global.


5. Boros dan menghabiskan uang

Alasan terakhir kita harus menghemat energi listrik adalah karena pemakaian energi listrik memerlukan biaya wkwkwk. Jadi kita tidak boleh memakai energi listrik secara berlebihan agar uang orang tua tidak habis untuk bayar listrik wkwkwkwk.





Penyesuaian perilaku yang memiliki potensi penghematan utilitas tertinggi adalah menurunkan panas pada termostat Anda di musim dingin dan mengurangi penggunaan AC Anda di musim panas. Biaya pemanasan dan pendinginan hampir mencapai setengah dari tagihan utilitas rumah rata-rata, jadi pengurangan intensitas dan frekuensi pemanasan dan pendinginan ini menawarkan penghematan terbesar.


Untuk mengurangi konsumsi energi di rumah Anda, Anda tidak perlu keluar dan membeli produk hemat energi. Penghematan energi bisa sesederhana mematikan lampu atau peralatan saat Anda tidak membutuhkannya. Anda juga dapat menggunakan peralatan hemat energi dengan melakukan tugas-tugas rumah tangga secara manual, seperti menjemur pakaian Anda digantung daripada memasukkannya ke dalam pengering, atau mencuci piring dengan tangan.


Ada alat yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui ke mana sebagian besar aliran listrik Anda di rumah dan peralatan mana yang paling banyak menggunakan listrik setiap hari.


Belum ada Komentar untuk "Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......