Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik

Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik

Energi listrik merupakan salah faktor penting dalam menunjang kehidupan manusia. Listrik ini ibarat tulang punggung dari kehidupan manusia saat ini. Tanpa adanya listrik, tidak akan mungkin kehidupan manusia bisa se-modern ini. 

Seperti judul di atas bahwa kita perlu melakukan penghamatan energi listrik, kenapa energi listrik harus dihemat ?? karena sebagian besar energi listrik di indonesia masih di supply oleh PLTB (Pembangkit listrik tenaga Batu Bara). PLTB ini menghasilkan gas buang rumah kaca antara lain CO2, dan lain lain. Gas rumah kaca ini dapat membuat pemanasan global yang mana semakin tahun semakin meningkat. Gas rumah kaca ini membuat perubahan iklim yang ekstrim di bumi ini dan bisa menyebabkan bencana alam seperti badai, banjir, dan lain lain. 

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik ?? Simak penjelasannya berikut ini !!

Cara Untuk Menghemat Energi Listrik 

1. Mengurangai pemakaian lampu pada ruangan yang tidak digunakan

Cara pertama ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Dengan mematikan lampu pada ruangan yang tidak digunakan bisa sedikit meminimalisir pemakaian energi listrik.


2. Menggunakan lampu hemat energi

Saat ini sudah ada lampu jenis LED yang jauh lebih hemat energi. Dengan daya lampu yang sama dengan jenis lampu lainnya, Lampu LED ini dapat memancarkan cahaya yang lebih terang.


3. Mengganti daya lampu pada ruangan yang berukuran kecil

Jika di rumah kalian dirasa ada ruangan yang berukuran kecil tapi menggunakan lampu dengan kapasitas daya yang cukup besar maka segera ganti dengan lampu dengan kapasitas daya yang lebih kecil. 

Cara paling mudah untuk menentukan kapasitas daya lampu yang tepat adalah dengan melihat apakah pada ruangan tsb terlalu terang atau tidak.


4. Pakailah AC Sesuai Kebutuhan

Air conditioner (AC) ini termasuk salah satu peralatan elektronik yang boros listrik. Untuk itu pastikan bahwa penggunaan AC ini sesuai dengan kebutuhan jangan sampai terlalu berlebihan.


5. Mematikan / Cabut kabel peralatan elektronik seperti TV, Kipas Angin dan Radio bila tidak digunakan. 

Langkah kecil ini cukup berpengaruh terhadap penghematan energi listrik. Jadi matikan semua peralatan elektronik ketika tidak digunakan atau pada saat kita keluar rumah.


Salah satu kebisaan buruk yang sering dilakukan adalah membiarkan kabel seperti charger HP, TV dan peralatan elektronik lainnya tetap terhubung meskipun tidak digunakan. Hal tsb membuat penggunaan energi listrik menjadi boros karena aliran listrik tetap mengalir ke peralatan elektronik tsb. 


6. Pilihlah Peralatan Elektronik Lain Sesuai Kebutuhan

Seperti saya jelaskan di atas bahwa banyak sekali peralatan elektronik seperti AC yang cukup boros dalam penggunaan energi listrik. Untuk itu pilihlah peralatan elektronik yang akan dipasang di rumah kalian sesuai dengan kebutuhan.


7. Gunakan peralatan elektronik yang hemat listrik

Saat ini banyak sekali pilihan peralatan elektronik dengan teknologi yang hemat listrik diantaranya adalah lampu LED, TV LED, dan lain lain. Jika kalian masih menggunakan televisi dengan modul lama (belum LED) maka segera gantilah dengan yang baru, karena TV saat ini lebih hemat listrik.


Belum ada Komentar untuk "Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......