Apa yang terjadi apabila rumah tidak dipasangi sekring

 

Apa yang terjadi apabila rumah tidak dipasangi sekring

Sekering merupakan salah satu elemen penting dalam instalasi rumah dan gedung. Sekering ini berfungsi sebagai pengaman rumah yaitu untuk memutuskan aliran listrik ketika terjadi gangguan seperti korsleting listrik. 


Lalu Apa yang terjadi apabila rumah tidak dipasangi sekring ?? Simak penjelasannya di bawah ini.


Seperti saya jelaskan di atas bahwa fungsi dari sekering ini adalah untuk memutus arus listrik ketika terjadi gangguan seperti korsleting. Jadi ketika suatu rumah tidak dipasang sekering maka ketika terjadi korsleting listrik tidak akan ada alat yang memutus aliran listrik di rumah tsb. 


Akibatnya adalah dapat terjadi kebakaran di rumah tsb. Hal tsb terjadi karena saat terjadi korsleting listrik, dapat menyebabkan peralatan elektronik seperti TV, Kulkas, Oven dan peralatan elektronik lainnya terbakar.


Sekian penjelasan dari saya.... semoga dapat dipahami... 

Terimakasih sudah berkunjung






Masalah disebabkan oleh stop kontak listrik yang payah dan peralatan lama yang sudah berkarat dan tidak berfungsi. Kebakaran lainnya dimulai oleh kerusakan pada kabel, stopkontak, dan sakelar peralatan. Jangan pernah menggunakan alat dengan kabel yang aus atau robek, yang dapat mengirimkan panas ke permukaan yang mudah terbakar seperti lantai, tirai, dan permadani yang dapat menyulut api.


Kabel yang terpasang di bawah permadani adalah penyebab lain dari kebakaran listrik. Melepaskan steker arde dari kabelnya agar dapat digunakan pada outlet listrik dua cabang juga dapat diakibatkan oleh  percikan api. Alasan mengapa peralatan dihubungkan ke cabang ekstra adalah sehingga mereka hanya dapat digunakan di outlet yang dapat menangani kelebihan listrik yang ditarik peralatan ini.


Padaa Perlengkapan penerangan dan LED adalah alasan umum lainnya untuk kebakaran listrik. Memasang bola lampu dengan watt yang terlalu tinggi untuk lampu dan perlengkapan lampu merupakan penyebab utama terjadinya kebakaran listrik. Selalu periksa watt bohlam maksimum yang disarankan pada perlengkapan pencahayaan atau lampu apa pun dan jangan pernah melebihi jumlah yang disarankan.



Penyebab kebakaran lainnya adalah menempatkan bahan  mudah terbakar seperti kain atau kertas di atas kap lampu. Materi memanas dan menyala, menyebabkan kebakaran. Lampu dan perlengkapan lampu yang rusak juga sering menyebabkan kebakaran. lampu ini jika mengalami korsleting dapat terbakar dan menyebabkan percikan api yang dahsyat. Oleh karena itu penting untuk memasang sekering ini.


Belum ada Komentar untuk "Apa yang terjadi apabila rumah tidak dipasangi sekring"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......