Apakah gambar diatas termasuk sumber energi alternatif jelaskan

Perhatikan gambar berikut

Apakah gambar diatas termasuk sumber energi alternatif jelaskan


A. Apakah gambar diatas termasuk sumber energi alternatif? jelaskan!

B. Jika ya, tuliskan pemanfaatan energi tersebut bagi manusia!


Apakah gambar diatas termasuk sumber energi alternatif? jelaskan!

YA, Uap panas bumi merupakan bagian dari energi alternatif karena tidak akan pernah habis dikarenakan inti bumi yang selalu panas dan mengeluarkan Uap. 


Uap panas bumi ini juga biasa disebut sebagai energi baru terbarukan dimana dapat dijadikan sebagai pengganti bahan bakar fossil. Bahan bakar fossil ini diantaranya adalah :

  • Batu Bara
  • Minyak Bumi seperti bensin, solar dan sebagainya
  • Gas alam


Jika ya, tuliskan pemanfaatan energi tersebut bagi manusia!

Uap panas bumi dapat dijadikan sebagai Pembangkit Energi Listrik. 

Pada PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Uap dari panas bumi tersebut digunakan untuk menggerakkan turbin, kemudian pergerakan turbin tersebut akan diubah menjadi energi listrik. 


Untuk lebih detailnya lihat penjelasan di bawah ini "Konversi Energi Uap Panas Bumi menjadi Energi Listrik"


  1. Sumur dibor di kedalaman 3000 sampai 10000 kaki untuk mendapatkan tekanan uap panas bumi

  2. Kemudian karena tekanan yang sangat tinggi dari uap dari panas bumi tsb maka akan naik ke atas dan ditampung ke separator

  3. Di dalam separator uap panas dipisahkan dari cairan panas 

  4. Kemudian uap panas akan dialirkan ke turbin sementara zat cair tsb akan dikembalikan ke dalam saluran sumur bor.

  5. Selanjutnya tekanan uap panas tsb akan memutar turbin

  6. Karena poros dari turbin terhubung ke rotor maka ketika turbin berputar,  rotor pada generator juga akan berputar

  7. Kemudian generator akan membangkitkan medan magnet pada stator dengan cara mengalirkan listrik ke kumparan stator, atau biasa kita sebut sebagai energi eksitasi.

  8. Ketika suatu kumparan dialiri arus listrik maka akan menghasilkan medan magnet

  9. Kemudian berdasarkan hukum Induksi Elektromagnetik bahwa ketika suatu penghantar (rotor pada generator) berputar di dalam medan magnet (pada stator) maka akan menghasilkan GGL (Gaya Gerak Listrik) atau muatan listrik.

  10. Kemudian listrik yang dihasilkan oleh generator tsb dialirkan ke gardu transmisi untuk dinaikkan tegangannya atau di step up.

  11. Setelah itu listrik akan dialirkan ke gardu distribusi untuk kemudian dialirkan ke konsumen.








Penggunaan energi tidak terlepas dari kebutuhan sehari-hari manusia, seperti listrik. Saat ini sebagian besar kebutuhan listrik masih ditopang oleh penggunaan bahan bakar fosil yang bisa habis suatu saat nanti. Hal inilah yang menjadi alasan Pemerintah Jokowi-JK mendorong penggunaan energi terbarukan, salah satunya penggunaan energi panas bumi. Pusat Penelitian Ilmu Bumi Jerman Geo Forschungs Zentrum (GFZ) menyerahkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong berkapasitas 500 kW kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Kami atas nama pemerintah mengapresiasi kerja sama setinggi-tingginya dengan Jerman agar bisa terus berlanjut,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di sela-sela penyerahan aset PLTP Binary Power Plant 500 kW di Lapangan Panas Bumi Lahendong. Kota Tomohon pada hari Senin (21 Januari).

Penyerahan aset tersebut merupakan bagian dari rangkaian perjanjian antara Menristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) dan Kementerian Pendidikan dan Riset Federal Jerman (BMBF) yang ditandatangani pada April 2010 di Denpasar, Bali; dan perjanjian untuk melaksanakan pengembangan energi panas bumi yang berkelanjutan di Indonesia antara GFZ dan BPPT ditandatangani pada bulan Juni 2010.

Menristekdikti mengatakan pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan hingga mencapai 23% pada tahun 2025. Hingga tahun ini porsi penggunaan energi terbarukan di Indonesia hanya berkisar 8% hingga 9%. “Panas bumi sendiri hanya menyumbang 4% dari 9% energi terbarukan. Jadi potensinya masih sangat tinggi,” ujarnya.

PLTP Peresmian 8 Plt. Kepala BPPT Wimpie Agoeng N. Aspar mengatakan setelah pengalihan aset dari Jerman ke BPPT, PLTP Lahendong 500 kW (pembangkit listrik tenaga panas bumi) akan dioperasikan oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). “Kami dan PGE saat ini sedang menjalankan PLTP 500 kW di Lahendong. Alat ini hibah dari Jerman. Kami ingin alat ini dapat bermanfaat sebagai pembangkit potensial berbasis energi bersih menjadi model yang dapat diterapkan di daerah yang berpotensi panas bumi. sumber di Indonesia, "kata Plt Kepala BPPT. Ia mengatakan pengoperasian pembangkit listrik tenaga panas bumi tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan pemanasan global. Wimpie juga menjelaskan PLTP Lahendong merupakan pembangkit pertama yang menggunakan sistem siklus biner di Indonesia. PLTP Lahendong juga dapat digunakan sebagai model pemanfaatan sumur panas bumi dengan steam basah yang merupakan karakteristik sebagian besar sumber panas bumi di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera dan Sulawesi. Dijelaskannya, BPPT dan GFZ serta PGE telah berhasil mengoperasikan PLTP 500 kW Lahendong secara terus menerus selama lebih dari 10 bulan pada 2018.

Belum ada Komentar untuk "Apakah gambar diatas termasuk sumber energi alternatif jelaskan"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......