Dari manakah energi matahari dihasilkan

Dari manakah energi matahari dihasilkan


Dari manakah energi matahari dihasilkan Energi matahari dihasilkan dari reaksi fusi nuklir yang terjadi secara terus menerus di dalam inti matahari. Reaksi fusi nuklir berantai tsb yang membuat matahari secara terus menerus mengeluarkan panas dan cahaya. 

Matahari memiliki 4 lapisan diantaranya : 

  • inti matahari
  • fotosfer
  • kromosfer
  • dan korona.

Kemudian di era modern ini energi matahari diubah menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya. Energi matahari ini digadang-gadang dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fossil yang meliputi gas bumi, minyak bumi, dan batu bara.  Saat ini juga sudah banyak dikembangkan peralatan listrik dengan bahan bakar sinar matahari seperti mobil panel surya dan sebagainya.





Energi terbarukan ditempatkan sebagai solusi yang baik untuk menipisnya bahan bakar fosil. Untuk lokasi terpencil, di mana jaringan tidak tersedia, energi terbarukan memberikan solusi yang sangat baik, karena sumber energi melimpah (yaitu, radiasi matahari dan angin). Jadi, dalam bab ini, keadaan seni penggunaan energi terbarukan untuk pemompaan air dirinci. Oleh karena itu, situasi penggunaan energi terbarukan di seluruh dunia, yaitu energi fotovoltaik, termal, angin, gelombang, hidrolik, dan biomassa, dan arsitektur instalasi fotovoltaik yang berbeda dipelajari pertama kali. Kemudian, pemanfaatan energi terbarukan untuk irigasi, spesifikasi dan faktor irigasi tomat, yaitu tanah, iklim, dan data tanaman dijelaskan dan dirinci secara mendalam.


Kredit energi terbarukan (RECs — juga dikenal sebagai sertifikat yang dapat diperdagangkan yang dapat diperbarui (TRCs)) adalah sertifikat pembangkit dari pembangkit energi terbarukan yang menyampaikan hak untuk mengklaim kepemilikan atribut lingkungan dari pembangkit tersebut. Umumnya, satu REC disamakan dengan satu megawatt-jam energi terbarukan yang dihasilkan oleh generator terbarukan tertentu pada suatu waktu, atau dalam beberapa jendela waktu (misalnya tahun, kuartal, atau bulan). Nilai dari hak semacam itu pasti di mata yang melihatnya. Salah satu tujuan utama mengembangkan konsep dan kerangka hukum untuk REC adalah untuk memungkinkan para pendukung energi terbarukan untuk menempatkan premium pada pembangkitan dari sumber daya terbarukan, dan dengan demikian mempromosikan lebih banyak tenaga yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan.


Beberapa daerah memiliki apa yang disebut standar portofolio terbarukan yang mensyaratkan persentase konsumsi listrik minimum untuk diproduksi oleh sumber energi terbarukan yang memenuhi syarat. Dalam banyak kasus, persyaratan dapat dipenuhi dengan REC. Keuntungan besar dari memungkinkan REC memenuhi standar terbarukan adalah bahwa energi terbarukan dapat diproduksi di wilayah yang sumber dayanya melimpah, tanpa harus secara khusus memperoleh transportasi untuk memenuhi permintaan yang ditargetkan. Kerugiannya adalah bahwa generasi lain yang berpotensi tidak terbarukan melayani wilayah tersebut dengan kebutuhan tersebut. Namun demikian, sejauh standar ini meningkatkan produksi energi terbarukan secara keseluruhan, penghematan emisi akan terjadi di suatu tempat. Batasan geografis dapat diberlakukan sehingga pembangkit terbarukan harus berasal dari daerah yang cukup dekat, biasanya secara elektrik terhubung dengan daerah target permintaan.

Belum ada Komentar untuk "Dari manakah energi matahari dihasilkan"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......