Sumber energi alternatif yang merupakan energi panas yaitu

Sumber energi alternatif yang merupakan energi panas yaitu


Sumber energi alternatif yang merupakan energi panas yaitu Sinar matahari dan panas bumi.


Seperti kita ketahui sinar matahari dan panas bumi digunakan untuk membangkitkan energi listrik. Sinar matahari dikonversi menjadi energi listrik oleh panel surya. Sementara itu tekanan Uap panas bumi digunakan untuk menggerakkan turbin pada generator yang akan diproses menjadi energi listrik.


Dua energi ini (Sinar matahari dan Panas bumi) disebut sebagai energi alternatif karena diharapkan dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fossil. Bahan bakar fossil ini diantaranya : 

  • Batu Bara
  • Minyak Bumi seperti bensin, solar dan sebagainya
  • Gas alam

Selain itu Sinar matahari dan Panas bumi juga disebut sebagai energi baru terbarukan. Hal tsb dikarenakan dua energi tsb akan selalu tersedia dan tidak akan pernah habis.


Kelebihan dari penggunaan energi sinar matahari dan panas bumi ini diantaranya:

  1. Ramah Lingkungan
    Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini energi yang paling banyak digunakan adalah dari bahan bakar fossil. Bahan bakar fossil ini digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, Pembangkit listrik, Industri manufaktur dan lain sebagainya.

    Bahan bakar fossil ini mengeluarkan gas rumah kaca (seperti CO2, O3 dan lain sebagainya) yang dapat menyebabkan pemanasan global. Oleh karena itu dengan kita menggunakan energi alternatif (sinar matahari dan panas bumi) maka kita dapat mengurangi efek dari pemanasan global.

  2. Tidak akan pernah habis
    Seperti saya jelaskan di atas bahwa sinar matahari dan panas bumi ini disebut sebagai "energi baru terbarukan" dimana akan selalu ada dan tidak akan pernah habis kecuali dunia kiamat wkwkwk.





Memasangkan sistem energi terbarukan berpotensi meningkatkan ekonomi atau kinerja atas apa yang dapat dicapai oleh setiap sistem yang bekerja secara terpisah. Misalnya, menempatkan sistem tenaga surya dan angin bersama-sama dapat mengurangi biaya transmisi secara keseluruhan karena ada kesesuaian siang / malam dalam keluaran puncak yang dapat mengurangi kemacetan jaringan dan memungkinkan saluran transmisi yang lebih kecil. Demikian pula, menggabungkan turbin angin lepas pantai dengan pembangkit listrik laut telah diusulkan sebagai cara untuk mengurangi biaya konstruksi dan pemeliharaan masing-masing. Sistem hidroelektrik dapat berfungsi sebagai unit penyimpanan energi untuk ladang angin, memanfaatkan air pada siang hari yang dipompa ke atas bukit oleh pembangkit turbin berlebih pada malam hari. Sistem hibrida seperti itu belum mencapai penyebaran yang substansial tetapi mungkin memiliki janji sebagai sarana untuk mengatasi keterbatasan sistem terbarukan individu.

Undang-Undang Energi Terbarukan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2006. Undang-undang tersebut menetapkan penerapan FiT pada energi terbarukan dan pembelian penuh energi terbarukan, dan perbedaan antara FiT dan harga listrik yang diperoleh dari energi konvensional akan dibagi di antara pelanggan dengan akses ke jaringan. Undang-undang versi 2005 mewajibkan perusahaan jaringan untuk membeli semua energi terbarukan yang ditambahkan ke jaringan, terlepas dari biayanya.

Dalam Amandemen Undang-Undang Energi Terbarukan yang dikeluarkan pada bulan Desember 2009, ketentuan mengenai pembelian penuh energi terbarukan diubah menjadi “pembelian terjamin energi terbarukan”; karenanya, memberi perusahaan jaringan alasan untuk menolak akses energi terbarukan ketika terjadi surplus listrik atau ketika harga energi konvensional turun.

Belum ada Komentar untuk "Sumber energi alternatif yang merupakan energi panas yaitu"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......