Bagaimana cara pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi alternatif

Bagaimana cara pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi alternatif ?

Yaitu dengan cara merubah sinar matahari menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya. 

    Panel surya atau PV merupakan suatu alat yang digunakan untuk merubah energi panas matahari menjadi energi listrik. Alat ini biasanya dipasang di atap rumah ataupun tempat lain yang dapat tersinari cahaya matahari dengan optimal. 

    Maksud dari sumber energi alternatif adalah energi yang dapat menggantikan bahan bakar fosil. Seperti kita ketahui saat ini mayoritas pembangkitan listrik di Indonesia masih menggunakan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil ini tentu sangat berbahaya bagi lingkungan hidup dimana menyebabkan polusi dan pemanasan global.

    Selain itu kenapa sinar matahari ini disebut sebagai energi alternatif dikarenakan energi ini tidak akan pernah habis dan selalu tersedia sampai akhir jaman nanti. Berbeda dengan energi dari bahan bakar fosil yang suatu saat nanti akan habis dan punah.

    Panel surya di Indonesia sendiri tidak terlalu banyak orang yang menggunakan dikarenakan lebih murah menggunakan listrik PLN dibandingankan dengan memasang panel surya.

    Hal tersebut dikarenakan untuk pemasangan panel surya membutuhkan biaya jutaan hingga puluhan juta rupiah. Banyak sekali komponen yang harus dibeli ketika ingin menggunakan panel surya dirumah mulai dari membeli Baterai untuk menyimpan listrik, Inverter untuk merubah listrik DC ke AC, Solar Charge Controler (SCC) untuk menstabilkan listrik dan solar panel itu sendiri. Selain itu penggunaan panel surya lebih mahal dari listrik PLN dikarenakan listrik PLN disubsidi oleh pemerintah. 

    Saat ini banyak orang menggunakan panel surya lebih dikarenakan sadar akan pentingnya untuk menggunakan energi listrik ramah lingkungan. Panel Surya ini tidak seperti energi listrik yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil seperti PLTU yang menggunakan batu bara. Pembakaran batu bara ini menghasilkan gas rumah kaca yang mengakibatkan polusi dan pemanasan global.



    Banyak orang yang mengambil pekerjaan di sektor penelitian dan pengembangan energi alternatif harus, setidaknya pada awalnya, menerima gaji yang relatif rendah. Mengambil pekerjaan di industri ini bukan tentang — atau, bukan terutama tentang — menghasilkan uang, meskipun itu tidak perlu dikatakan penting, karena orang yang tidak cukup makan akan segera menjadi orang yang tidak produktif di tempat kerja, terutama ketika kita sedang mempertimbangkan kerja otak yang terlibat dalam pekerjaan meneliti dan mengembangkan teknologi di sektor energi alternatif. Ada orang yang mengambil pekerjaan hanya karena mereka merasa itu adalah tugas yang memuaskan yang telah mereka lakukan — sesuatu yang akan membantu umat manusia, atau masyarakat mereka, atau Bumi itu sendiri. Namun sebenarnya, apa yang diimpikan kebanyakan orang dalam hal pekerjaan adalah posisi yang sangat mereka nikmati sekaligus mendapatkan banyak uang untuk waktu dan tenaga mereka.


Posisi dalam industri penelitian dan pengembangan energi alternatif sering kali menawarkan kesempatan seperti itu.


    Medan energi alternatif membutuhkan beragam posisi yang berbeda. Banyak orang yang terlibat dalam hal ini adalah jenis yang akan menjaga pembangkit listrik tetap berjalan (termasuk operator atau mekanik pembangkit), yang lain adalah pengembang energi alternatif baru (insinyur, ilmuwan), dan lainnya membuat semuanya terjadi untuk memulai dengan dengan berinvestasi pada energi alternatif. Jadi - tidak hanya orang-orang ini memiliki berkah karir yang menarik dan memuaskan, tetapi orang-orang yang sama ini membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


    Bisnis energi alternatif berkembang pesat karena saat ini banyak pemerintah yang mendukungnya. Investor menjadi bersemangat untuk menempatkan dukungan keuangan mereka ke dalam industri energi alternatif karena mereka dapat melihat bahwa itu adalah gelombang masa depan, baik dari kebutuhan maupun fakta dukungan pemerintah. Naiknya harga minyak membuat energi alternatif semakin menggiurkan di benak investor. Ketika investor menjadi lebih tertarik, ada lebih banyak uang yang tersedia bagi perusahaan untuk memulai atau memperluas, dan itu mengarah (tentu saja) ke lebih banyak peluang kerja.


    Pemerintah AS tidak diragukan lagi terlibat dalam mempromosikan gagasan pekerjaan baru yang tersedia di sektor energi alternatif. Menurut Presiden, untuk mencapai penggunaan yang lebih besar dari bahan bakar terbarukan “homegrown” di Amerika Serikat, teknologi canggih perlu diteliti dan dikembangkan untuk dapat membuat etanol dari biomassa serat tanaman, yang pada saat ini hanya dibuang sebagai bahan limbah. Anggaran Federal Presiden 2007 mencakup $ 150 juta (peningkatan $ 59 juta dari Anggaran Federal untuk tahun 2006) untuk membantu pengembangan biofuel yang berasal dari produk limbah pertanian seperti serpihan kayu, batang jagung, dan rumput pengalih. Para peneliti memberi tahu kami bahwa memajukan penelitian tentang etanol berbasis selulosa dapat membuat biaya teknologi menjadi kompetitif pada tahun 2012, sementara berpotensi menggantikan hingga 30% dari konsumsi bahan bakar negara saat ini.


    Rencana Presiden juga akan mendorong penelitian dan pengembangan generasi berikutnya dari teknologi baterai untuk kendaraan hybrid selain kendaraan "plug-in hybrid". Hibrida "plug-in" berjalan dengan bensin atau listrik, tergantung pada perhitungan komputer terpasang. Mengemudi di lingkungan kota hampir tidak menghabiskan bensin selama seminggu dengan kendaraan ini.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana cara pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi alternatif"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......