Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Flow Transmitter adalah

Flow Transmitter adalah
Flow Transmitter adalah sebuah transmitter yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran suatu fluida cair dan mengirimkan hasil pengukuran tsb ke kontroler.

Sebelum membahas lebih jauh tentang flow transmitter, banyak orang yang bingung dan rancu dengan istilah flow meter dan flow transmitter. Pada dasarnya dua istilah tersebut sama saja dan hanya berbeda penyebutannya saja.

Flow transmitter ini banyak digunakan untuk industri yang berhubungan dengan pengolahan fluida cair seperti industri penjernihan air, industri recycle air, industri pengeboran dan pengolahan minyak, dan lain lain.

Fungsi Flow Transmitter

Pada dasarnya flow transmitter ini mempunyai dua fungsi yaitu :
  • Mengukur kecepatan aliran fluida cair dalam pipa (Velocity)  dengan satuan jarak / waktu.
  • Mengukur kapasitas aliran fluida cair (flow rate) di dalam pipa. 
  • Kemudian mengirimkan hasil pengukuran aliran fluida (Velocity) dan kapasitas aliran fluida cair (flow rate) tersebut ke kontroler untuk diterjemahkan.

Jenis Flow Transmitter

Berdasarkan cara kerjanya flow transmitter ini dibagi menjadi empat yaitu :
  • Magnetik Flow Meter
    Sesuai dengan namanya transmitter jenis ini memanfaatkan hukum induksi magnet Faraday untuk bisa membaca nilai kecepatan aliran fluida cair di dalam pipa.

  • Mechanical Flow Meter
    Flow meter jenis ini memanfaatkan komponen seperti kincir air untuk mengukur kecepatan aliran air.

    Terlihat pada gambar terdapat suatu komponen seperti kincir yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran air dalam pipa. Semakin cepat kincir tsb berputar maka semakin cepat juga aliran air dalam pipa.

  • Vortex Flow Meter
    Flow meter jenis ini memanfaatka sauatu komponen mirip seperti "setengah kincir" untuk mengukur aliran air dalam pipa.
    Sama seperti Mechanical Flow meter, kecepatan aliran air diukur berdasarkan kecepatan dari "setengah kincir" tsb bergerak. Perpedaannya adalah komponen "setengah kincir" tersebut hanya bergerak ke kanan dan ke kiri, tidak seperti Mechanical Flow meter dimana "kincir" nya berputar 360 derajat.


  • Ultrasonic Flow Meter
    Sesuai dengan namanya flow meter jenis ini memanfaatkan sensor ultrasonik untuk mengukur kecepatan aliran air dalam pipa.

Cara Kerja Flow Transmitter

Seperti penjelasan di atas pada dasarnya cara kerja dari flow transmitter ini berbeda - beda, bergantung dari jenis flow transmitter yang digunakan. Akan tetapi disini kami akan menjelaskan flow transmitter mechanical kerena paling mudah untuk dipahami.
Cara Kerja Flow Transmitter
Terlihata pada gambar bahwa :
  • Flow meter jenis ini dibagi menjadi dua bagian utama yaitu bagian sensor dan elektronik housing.
  • Pada bagian sesor, berbentuk seperti "kincir air".
  • "Kincir air" ini digunakan untuk mengukur kecepatan aliran dalam pipa.
  • Semakin kencang putaran "kincir air" maka itu artinya kecepatan aliran air dalam pipa juga semakin kencang.
  • Kemudian putaran dari "kincir air" tersebut akan diubah menjadi suatu besaran listrik oleh transduser agar dapat dibaca oleh elektronik housing.
  • Elektronik housing ini digunakan untuk menterjemahkan sinyal dari transduser menjadi nilai yang bisa dibaca oleh manusia yaitu seperti kecepatan aliran meter / detik dan lain lain.

Posting Komentar untuk "Flow Transmitter adalah"