Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solder adalah

Solder adalah

Solder adalah sebuah peralatan listrik yang berfungsi untuk melelehkan timah sehingga dapat digunakan untuk merekatkan komponen elektronika.

Untuk melelehkan timah tersebut solder ini akan mengeluarkan suhu panas pada bagian batang besi. Suhu panas ini kemudian melelehkan timah yang digunakan sebagai perekat atau lem pada papan PCB.


Pengertian Solder

Solder merupakan suatu alat yang digunakan untuk melelehkan timah, dan timah tersebut digunakan sebagai perekat komponen elektronika.

Pengertian Solder

Terlihat pada gambar bahwa terdapat suatu papan PCB yang dipasang banyak sekali komponen elektronika seperti IC, resistor, induktor, kapasitor, dioda dan lain lain. Untuk menempelkan komponen elektronika tersebut ke papan PCB maka digunakan timah yang dilelehkan terlebih dahulu menggunakan Solder Listrik.


Fungsi Solder

Jadi Solder berfungsi untuk melelehkan timah yang digunakan untuk merekatkan komponen elektronika pada papan PCB.

Fungsi Solder

PCB merupakan suatu papan yang digunakan untuk meletakkan banyak komponen elektronika seperti IC, resistor, kapasitor, induktor dan lain lain. PCB ini pasti ditemui pada setiap perangkat elektronik karena digunakan untuk meringkas rangkaian pada elektronik yang sangat rumit dan menggunakan banyak komponen.


Cara Kerja Solder

Seperti dijelaskan diatas bahwa prinsip kerja dari Solder listrik ini adalah merubah energi listrik menjadi energi panas yang dapat melelehkan timah. Timah ini digunakan untuk merekatkan komponen elektronika pada PCB. 

Untuk penjelasan yang lebih detail, lihat pada gambar di bawah ini !!!
Cara Kerja Solder

Jadi seperti terlihat pada gambar diatas bahwa :

  1. Timah akan diletakkan di dekat kaki / pin komponen elektronika yang akan direkatkan.
  2. Kemudian solder ditempelkan ke timah tersebut.
  3. Setelah itu timah akan meleleh dan menempel pada kaki komponen elektronika yang akan direkatkan.
  4. Timah akan dingin dalam beberapa detik dan menjadi kaku / keras seperti besi.
  5. Maka komponen elektronika akan tertempel ke PCB tersebut.


Jenis Solder

Menurut survey kami solder ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
1. Solder Biasa
Solder jenis ini paling populer dan banyak digunakan dikarenakan harganya yang relatif murah. Jadi solder ini hanya terdapat fitur ON dan OFF dan suhu yang mampu dikeluarkan sudah ditetapkan pada spesifikasi.

2. Solder dengan pengonrol Suhu
Sesuai dengan namanya, Solder jenis ini dapat diatur suhu yang dikeluarkan. Pengontrol Suhu pada solder ini berguna untuk mengatur suhu sesuai dengan kenyamanan pengguna dalam melakukan soldering. 

Suhu yang terlalu tinggi membuat timah menjadi mudah leleh dan dapat merusak komponen elektronika apabila ditempel terlalu lama pada kaki komponen yang akan disolder. Akan tetapi suhu yang terlalu rendah juga menyulitkan pengguna dimana timah akan lama meleleh dan menjadi lebih lengket

3. Solder UAP / Hot Air / Blower
Solder jenis ini memanfaatkan tekanan udara panas untuk melelehkan timah. Solder jenis ini sangat jarang digunakan dikarenakan harganya yang relatif mahal dibandingkan dengan solder biasa.

Posting Komentar untuk "Solder adalah"