Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Flow Switch

Flow Switch adalah sebuah saklar mekanik yang digunakan untuk memonitoring aliran air (Flow) di dalam pipa.

Flow Switch
Terlihat pada gambar diatas bahwa cara yang digunakan untuk memonitoring aliran alir dalam pipa adalah dengan menggunakan aktuator. Aktuator ini akan terangkat ke atas apabila terdapat aliran air dalam jumlah cukup besar di dalam pipa.

Kemudian ketika aktuator tersebut terangkat maka mengakibatkan kontak saklar menjadi terputus / terbuka. Hal tersebut membuat Flow Switch tidak lagi mengalirkan arus listrik.

Fungsi Flow Switch

Fungsi utama dari Flow Switch ini adalah untuk mendeteksi apakah terdapat aliran air di dalam pipa.
Fungsi Flow Switch
Ketika terdapat aliran air di dalam pipa maka aktuator pada Flow Switch akan terangkat seperti pada gambar. Maka hal tersebut mengekibatkan kontak saklar menjadi terbuka sehingga tidak mengalirkan arus listrik. Maka hal tersebut dapat menjadi sinyal pada ruang kontroler bahwa tidak terdapat aliran air pada pipa tersebut.

Bagian Flow Switch

Pada dasarnya Flow Switch ini dibagi menjadi 2 bagian utama yaitu :
Bagian Flow Switch
Dua bagian utama pada Flow Switch yaitu :
  1. Aktuator, merupakan suatu komponen yang bergerak (naik - turun) bergantung pada aliran air di dalam pipa. Aktuator ini juga digunakan untuk mengendalikan kontak saklar pada Flow Switch.
  2. Kontak Saklar merupaka bagian yang digunakan untuk memutus dan menghubungkan arus listrik.
 

Cara Kerja Flow Switch

Pada dasarnya cara kerja dari Flow Switch ini sangat mudah untuk dipahami dimana :
Cara Kerja Flow Switch
Terlihat pada gambar diatas bahwa Flow Switch ini mempunyai 2 kondisi yaitu :
  1. Kondisi pertama ketika Flow Switch tidak dialiri oleh air di dalam pipa maka aktuator akan diam dan kondisi saklar tertutup sehingga mengalirkan arus listrik.
  2. Kemudian ketika Flow Switch dialiri oleh aliran air yang cukup di dalam pipa, maka aktuator akan terangkat ke atas dan membuat saklar terbuka.
  3. Hal tersebut mengakibatkan Flow Switch tidak mengalirkan arus listrik sehingga dapat menjadi sinyal di ruang kontroler bahwa tidak ada aliran air pada pipa tersebut.

Posting Komentar untuk "Flow Switch"