Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Noise adalah

Noise adalah

Noise adalah sebuah "gangguan" pada peralatan elektronik yang mengakibatkan hasil tidak maksimal pada output peralatan elektronik tersebut. 

Contohnya saat terjadi Noise pada kamera maka gambar yang dihasilkan akan menjadi kabur atau buram. Noise ini pasti bisa terjadi pada semua peratalan elektronik seperti kamera, radio, Televisi, dan lain lain.


Contoh Noise dalam Kehidupan Sehari - Hari

1. Pada Kamera

Seperti dijelaskan diatas ketika terjadi noise maka gambar yang dihasilkan oleh kamera akan tidak maksimal seperti buram, kurang tajam, dan lain lain.

gambar noise

Noise pada kamera ini bisa disebabkan karena berbagai - macam hal seperti lensa yang kotor karena debu, sensor kamera yang rusak sehingga gambar kurang tajam dan lain lain.


2. Pada Radio

Saat radio mengalami noise maka suara yang dihasilkan oleh radio tersebut menjadi tidak jelas dimana ditandai dengan bunyi kresek - kresek.

noise radio

Noise pada radio ini dapat disebabkan karena penempatan radio yang terhalang oleh sinyal lain atau antena radio yang rusak dan lain lain.


3. Pada Televisi

Ketika terjadi noise pada televisi maka gambar yang dihasilkan oleh televisi menjadi patah - patah dan tidak jelas. Selain itu suara yang dihasilkan juga tidak jelas dan terdengar patah - patah.

noise televisi

Masalah noise pada TV ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, misalkan cuaca hujan ekstrim yang mengakibatkan sinyal terganggu dan menggoyangkan antena TV sehingga gambar menjadi patah - patah. Kemudian juga bisa disebabkan karena rusaknya antena Televisi yang mengakibatkan penerimaan sinyal menjadi terganggu dan lain lain.


4. Pada Peralatan Perekam Suara

Saat merekam suara menggunakan peralatan apapun itu seperti HP atau Microphone maka dapat terjadi noise pada perekaman suara tersebut. Saat terjadi noise maka suara hasil rekaman akan terdapat suara tambahan "kresek - kresek" yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu pada saat peralatan perekam suara ditambahkan alat peredam noise seperti pada gambar dibawah ini.

peredam suara noise

5. Pada Sensor

Saat terjadi noise pada sensor maka hasil pengukuran sensor tidak akan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Misalkan terjadi noise pada sensor suhu maka hasil pengukuran suhu tidak akan sama dengan keadaan sebenarnya.


Noise pada sensor ini disebabkan karena berbagai - macam hal seperti sensor yang sudah rusak, kondisi lingkungan yang tidak kondusif, sensor yang overhead atau terlalu panas dan lain lain.

Posting Komentar untuk "Noise adalah"