Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan nama-nama sumber energi berikut

Perhatikan nama-nama sumber energi berikut

Perhatikan nama-nama sumber energi berikut:

1) Cahaya matahari

2) Panas bumi

3) Minyak bumi

4) Gas alam

5) Angin

Dari data di atas, sumber alami yang dapat menghasilkan energi alternatif adalah …......

Pilihan Jawaban : 

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 2, dan 5

C. 1, 2, dan 4

D. 3, 4, dan 5

Jawaban : B. 1, 2, dan 5


Penjelasan Jawaban :

Energi alternatif merupakan suatu energi yang dapat menjadi alternatif dari energi dari minyak bumi dan gas alam yang suatu saat nanti bisa habis. Energi alternatif ini mencakup sinar matahari, angin, aliran air pada sungai, ombak dan lain - lain.

1) Cahaya matahari

Cahaya matahari jelas merupakan bagian dari energi alternatif karena akan terus ada sampai akhir zaman nanti. Apabila matahari tidak ada maka dunia sudah dipastikan mengalami kiamat yang menghancurkan kehidupan di bumi.


2) Panas bumi

Panas bumi ini juga dapat menjadi energi alternatif dikarenakan tidak menimbulkan polusi udara dan gas rumah kaca ketika menggunakan energi panas bumi ini. Gas rumah kaca adalah suatu gas yang diproduksi dari kendaraan bermotor yang mengakibatkan pemanasan global seperti saat ini.


3) Minyak bumi

Minyak bumi ini jelas bukan merupakan bagian dari energi alternatif diakarenakan dapat menimbulkan polusi dan memproduksi gas rumah kaca yang menyebabkaan pemanasan global. Oleh karena itu semua negara saat ini sedang berusaha untuk menggantikan energi dari minyak bumi pada kendaraan bermotor dengan kendaraan berbahan bakar listrik.


4) Gas alam

Gas alam ini juga jelas bukan merupakan energi alternatif dikarenakan menimbulkan gas rumah kaca dalam penggunaannya. Gas alam ini seperti tabung LPG yang kita gunakan untuk memasak makanan.


5) Angin

Angin ini merupakan bagian dari energi alternatif yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi dan gas alam. Akan tetapi penggunaan energi angin untuk pembangkitan energi listrik di sebagian negara dinilai tidak efektif karena tidak semua negara mempunyai hembusan angin yang kencang.

Posting Komentar untuk "Perhatikan nama-nama sumber energi berikut"