Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaman Lebur

Pengaman Lebur adalah sebuah peralatan pengaman instalasi listrik yang menggunakan metode "lebur" untuk memutus aliran arus listrik. Pengaman lebur ini disebut juga sebagai sekering. Untuk penjelasan yang lebih lanjut mengenai pengaman lebur lihat pada gambar dibawah ini !!!

Pengaman Lebur

Gambar diatas merupakan sebuah sekring atau biasa disebut sebagai pengaman lebur. Disebut sebagai pengaman lebur karena kawat pada sekring akan "lebur" atau meleleh apabila terjadi hubung singkat, korsleting listrik, dan beban berlebih. 

Seperti kita ketahui bahwa ketika terjadi korsleting atau beban berlebih pada peralatan elektronik maka terjadi lonjakan arus yang besar. Lonjakan arus ini mengaluarkan energi panas sehingga membuat "kawat" pada sekring menjadi "lebur" atau meleleh. Begitullah prinsip kerja dari pengaman lebur atau sekering.


- Hubung singkat atau biasa dikenal sebagai "korsleting listrik" adalah sebuah peristiwa pada kelistrikan dimana terjadi lonjakan arus yang luar biasa besar.

korsleting
Lonjakan arus ini membuat peralatan elektronik dapat mengalami kerusakan bahkan lebih parahnya dapat membuat percikan api. Percikan api ini apabila dibiarkan maka dapat menyebabkan kebakaran.

percikan api
Jadi percikan api ini penyebab utama terjadinya kebakaran pada rumah atau gedung saat terjadinya korlseting listrik pada pada suatu instalasi listrik rumah ataupun gedung.


Kemudian penyebab hubung singkat atau korsleting listrik ini juga beraneka macam seperti :

  1. Kabel fasa dan netral pada instalasi listrik yang terhubung satu sama lain.
    Seperti kita ketahui listrik mengalir dari + (fasa) ke netral (-). Dua buah kutub ini tidak boleh terhubung satu sama lain karena dapat menyababkan hubung singkat dan apabila dibiarkan dapat menyebabkan percikan api.
  2. Terjadinya kerusakan pada peralatan elektronik.
    Kerusakan pada peralatan elektronik juga dapat menyebabkan korsleting listrik yang sangat membahayakan.l

- Beban berlebih adalah sebuah peristiwa dimana aliran arus listrik melebihi energi listrik yang disediakan oleh PLN. Misalkan kita langganan listrik PLN 450 Watt 2 Ampere. Maka apabila kebutuhan listrik yang dialirkan ke peralatan elektronik melebihi 2 Ampere maka disebut sebagai beban berlebih.
Jadi ketika terjadi gangguan atau kerusakan pada peralatan elektronik maka daya yang dibutuhkan akan melebihi spesifikasi. Misalkan terdapat setrika dengan spesifikasi 350 Watt, maka ketika terjadi kerusakan pada setrika tersebut daya yang dibutuhkan bisa menjadi 600 Watt dan membuat terjadinya beban berlebih. 

Kesimpulan Pengaman Lebur :
  • Pengaman Lebur / Sekering adalah sebuah peralatan pengaman instalasi listrik yang menggunakan metode lebur untuk memutus aliran listrik.
  • Ketika terjadi hubung singkat , korsleting dan beban berlebih maka sekring (pengaman lebur) pada bagian kawatnya akan meleleh atau melebur sehingga arus listrik terputus.

2 komentar untuk "Pengaman Lebur"

  1. Bro, bahas mikrokontroler dong :( atau AVR dan semacamnya

    BalasHapus

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......