Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Stop Kontak Paralel

Cara Memasang Stop Kontak Paralel

Stop kontak merupakan suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan beban listrik ke sumber listrik PLN. Pada dasarnya stop kontak ini merupakan komponen paling dasar dalam instalasi rumah dan gedung. 

Komponen ini mempunyai tiga terminal sambungan kabel yaitu fasa, netral dan ground. Stop kontak ini juga terdapat beberapa varian diantaranya stop kontak tanam dan stop kontak yang digunakan di lantai dengan menghubungkan ke sumber listrik. Oke tanpa berlama-lama lagi mari kita langsung masuk ke pembahasan yaitu cara memasang stop kontak paralel.


Cara Memasang Stop Kontak Paralel

Paralel stop kontak ini dibuat untuk tujuan efisiensi biaya dan lebih praktis daripada kita membeli dua stop kontak kemudian kita menyambungkannya ke sumber listrik secara sendiri-sendiri.

  • Hal dasar yang wajib kita ketahui dari stop kontak adalah bahwa stop kontak ini mempunyai tiga terminal sambungan kabel yaitu fasa, netral dan ground.

bagian stop kontak
  • Terlihat pada gambar di atas bahwa pemasangan terminal fasa dan netral dapat dibalik - balik. Hal tsb terjadi karena listrik yang mengalir pada stop kontak tsb adalah listrik AC sehingga penempatan kutub positif dan negatif pada stop kontak tidak mempengaruhi rangkaian.

  • Kemudian rangkailah stop kontak seperti gambar di bawah :
Rangkaian Stop Kontak Paralel
  • Bisa dilihat pada gambar bahwa kabel fasa (warna hitam) dari masing-masing stop kontak dihubungkan ke satu terminal (kami memilih terminal yang bawah).
  • Kemudian kabel netral (warna biru) dari masing - masing stop kontak juga dihubungkan ke satu terminal (kami memilih terminal yang atas). 
  • Perlu diketahui bahwa terminal Fasa, Netral, dan Ground tidak boleh terhubung satu sama lain. Apabila terminal Fasa dengan Netral tehubung maka akan terjadi korsleting listrik. Jadi terminal sambungan kabel antara Fasa, Netral, dan Ground tidak boleh terhubung satu sama lain.
  • Untuk menguji apakah benar fasa, netral dan ground tidak terhubung satu sama lain kita dapat menggunakan Multimeter / AVO meter untuk mengeceknya. 
  • Caranya sangat mudah sekali kalian tinggal mengarahkan selector pada Multi / AVO meter ke buzzer (simbol sinyal) kemudian tempelkan probe ke terminal fasa dan netral. Apabila AVOmeter berbunyi (biiiiib) artinya terminal tersebut terhubung.
  • Perlu di garis bawahi bahwa sambungan masing-masing terminal (fasa, netral dan ground) harus rapat agar tidak goyah saat dipasang ke colokan listrik. 
  • Karena apabila terminal tsb goyah maka dapat membahayakan apabila bersentuhan satu sama lain. Apabila dua terminal bersentuhan (misalkan fasa dengan netral) dapat menyebabkan korsleting listrik.
  • Jika kalian sudah benar-benar yakin bahwa sambungan kabel ke terminal sudah rapat dan masing-masing kabel (fasa, netral, dan ground) tidak terhubung satu sama lain maka nyalakan sumber listrik PLN dan lihatlah hasilnya apakah stop kontak sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

5 komentar untuk "Cara Memasang Stop Kontak Paralel"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......