Gambar Instalasi Listrik Rumah Sederhana

Gambar Instalasi Listrik Rumah Sederhana

Gambar Instalasi listrik rumah sederhana ini merupakan sebuah denah rumah sederhana yang saya buat menggunakan AutoCAD. Denah di atas merupakan denah diagram satu garis atau biasa disebut sebagai diagram perencanaan. Saya membuat denah ini kurang lebih memakan waktu sekitar satu jam. Luas dari denah rumah ini yaitu berukuran 18 x 8 cm di kertas A4. Oke tanpa berlama-lama lagi kita langsung ke pembahasannya......

Pembuatan Gambar Instalasi Listrik Rumah Sederhana

Pembuatan Gambar Instalasi Listrik Rumah Sederhana

Pada proses pembuatan ini memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Langkah pertama dalam proses pembuatan denah diagram satu garis ini adalah membuat denah rumah terlebih dahulu. Kami rencanannya akan membuat denah rumah ini dengan skalar 1 : 1000 artinya adalah 1cm di denah sama dengan 1000 cm (1 meter) di kondisi sebenarnya. 

Kemudian ukuran ruman ini kami rencanakan adalah 18 x 8 m2. Artinya adalah rumah ini memiliki panjang 18m dan lebar 8 meter. Kemudian pembuatan masing-masing ruangan-pun kami juga kondisikan sesuai kebutuhan konsumen yaitu terdapat 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, garasi, dapur, ruang keluarga dan ruang tamu. Luas masing-masing ruangan juga kami sesuaikan dengan keinginan konsumen seperti apa.

Setelah pembuatan denah selesai maka selanjutnya adalah pembuatan titik beban dan titik penerangan. Maksud dari titik penerangan adalah penempatan lampu di setiap ruangan. Kemudian maksud dari titik beban adalah penempatan stop kontak di beberapa ruangan.

Langkah selanjutnya adalah membuat diagram satu garis itu sendiri. Seperti namanya diagram satu garis ini hanya memiliki satu garis untuk melambangkan hubungan kabel dari KWH Meter ke setiap peralatan listrik (Lampu dan Stop Kontak). Diagram satu garis ini memiliki 3 simbol untuk membedakan kabel fasa, netral dan ground. 
  • Kabel Fasa dilambangkan dengan garis merah
  • Kabel Netral dilambangkan dengan garis biru
  • Kabel Grund dilambangkan dengan garis hijau

Untuk pelayanan saklar ke lampu disesuaikan dengan kebutuhan dan efisiensi rangkaian. Apabila kalian ingin melayani dua buah lampu dengan sebuah saklar sekaligus kalian bisa menggunakan Saklar Seri. Akan tetapi pada rangkaian ini kami hanya menggunakan saklar tunggal.

  • Instalasi Saklar Seri adalah memakai sebuah saklar untuk melayani dua buah atau bahkan tiga buah lampu sekaligus. Saklar seri ini digunakan untuk tujuan ke-praktisan, efisiensi waktu dan biaya instalasi.
  • Instalasi Saklar Tunggal adalah memakai sebuah saklar untuk melayani hanya satu lampu.

Untuk men-download gambar instalasi listrik rumah sederhana ini tanpa watermark dari teknikelektro.com silahkan klik kata download di bawah ini :


Download di Sini


Terimakasih Sudah Berkunjung 
dan 
Semoga Membantu

Belum ada Komentar untuk "Gambar Instalasi Listrik Rumah Sederhana"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel