Apa Perbedaan Antara Rangkaian Listrik Tertutup dan Terbuka Jelaskan

apa perbedaan antara rangkaian listrik tertutup dan terbuka jelaskan


Rangkaian terbuka dan tertutup merupakan suatu konsep yang paling dasar pada rangkaian elektronika. Sebelum membuat rangkaian elektronika yang lebih kompleks, tentu kita harus memahami terlebih dahulu apa maksud dari rangkaian terbuka dan rangkaian tertutup.

Seperti kita ketahui energi listrik tercipta karena perpindahan elektron negatif yang mengalir secara terus menerus melewati beban berupa komponen atau peralatan listrik. Beban ini bisa berbentu berbagai macam peralatan elektronik seperti AC, Kompor Listrik, Televisi, Charger HP dan Laptop, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya rangkaian terbuka dan tertutup merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan rangkaian tsb mengalirkan arus listrik atau tidak.  Kurang jelas ? maka langsung baca penjelasannya saja di bawah ini !!


Perbedaan Rangkaian Tertutup dan Terbuka

Rangkaian Terbuka

Rangkaian terbuka merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa rangkaian tersebut tidak terhubung (terbuka). Sehingga pada rangkaian tersebut tidak mengalirkan aliran listrik.

gambar rangkaian terbuka

Pada rangkaian diatas merupakan contoh rangkaian terbuka. Terlihat bahwa pada rangkaian tsb tidak mengalirkan arus listrik sehingga lampu tidak bisa menyala.


Rangkaian Tertutup

Rangkaian tertutup merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa rangkaian tersebut terhubung (tertutup). Sehingga pada rangkaian tersebut mengalirkan aliran listrik.

gambar rangkaian tertutup

Pada rangkaian diatas merupakan contoh rangkaian tertutup. Terlihat bahwa pada rangkaian tsb mengalirkan arus listrik sehingga lampu bisa menyala.

Konsep rangkaian terbuka dan tertutup ini menjadi landasan dalam menciptakan berbagai macam peralatan elektronik seperti saklar dan relay.  

Saklar kondisi terbuka dan tertutup

Seperti merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mematikan dan menghidupkan lampu. Jadi saklar ini mempunyai dua posisi yaitu terbuka dan tertutup.

  • Kondisi Saklar Tertutup 

Ketika saklar berada di posisi ini (tertutup) maka saklar akan mengalirkan arus listrik sehingga membuat beban (lampu) menyala.

  • Kondisi Saklar Terbuka

Ketika saklar berada pada posisi ini maka saklar tidak akan mengalirkan arus. Hal tersebut menyebabkan lampu tidak menyala.


Konsep rangkaian terbuka dan tertutup ini juga menjadi landasan cara kerja dari MCB. Jadi ketika pada rangkaian terjadi suatu gangguan entah itu korslet atau beban berlebih maka MCB akan memutuskan rangkaian listrik. Sehingga rangkaian yang terjadi adalah rangkaian terbuka. Hal tsb mengakibatkan tidak ada arus listrik yang mengalir ke peralatan listrik di rumah kita.


8 Komentar untuk "Apa Perbedaan Antara Rangkaian Listrik Tertutup dan Terbuka Jelaskan"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel