Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mikrokontroler Menurut Para Ahli

Pengertian Mikrokontroler Menurut Para Ahli
 

Mikrokontroler terdiri dari dua kata yaitu mikron dan controler. Mikron berarti kecil sedangkan controler berarti pengendali. Jadi maskud dari mikrokontroler adalah pengendali (controler) yang berukuran kecil. Mikrokontroler ini berupa sebuah chip yang dapat menyimpan setiap perintah (program) yang ditatamkan oleh penggunanya.

Pada Mikrokontroler ini terdiri dari berbagai macam komponen yaitu : 
CPU (Central Processing Unit), memori (sebagai penyimpan data), I/O (Input dan Output) dan unit pendukung lainnya seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya. Fungsi utama dari mikrokontroler ini adalah sebagai pengendali rangkaian elektronika.

Salah satu kelebihan mikrokontroler adalah dimana RAM, CPU dan peralatan pendukur I/O lainnya ada di satu board sehingga sangat ringkas dan praktis. Kecepatan mikrokontroler dalam menjalankan perintah bergantung dari berapa jumlah byte pada mikrokontroler tsb yaitu : 8 bit, 16 bit, 32 bit, 128 bit dan seterusnya.

Pada mikrokontroler juga terdapat fungsi 
PEROM (Programmable and Erasable Only Memory) dimana program dari mikrokontroler dapat diubah, dihapus dan ditulis ulang.


Fitur Yang Biasanya terdapat di mikrokontroler

  • Saluran I/O (Input dan Output) biasanya diberi tanda port A, port B, port C, dan port D
  • ADC internal (Analog to Digital Converter) yang sudah ada di dalam board mikrokontroler.
  • Timer/Counter dengan kemampuan pembandingan.
  • CPU (sangat bervariasi kecepatannya tergantung dari versi berapa)
  • SRAM (RAM juga ditanam dalam board)
  • Memori Flash biasanya sebesar 8 kb dengan kemampuan Read While Write.
  • Port antarmuka SPI
  • EEPROM biasanya sebesar 512 byte 
  • Antarmuka komparator analog.
  • Port USART untuk komunikasi serial.


Mikrokontroler Menurut Para Ahli


1. Menurut Chamim (2012) 

Mikrokontroler merupakan sebuah sistem komputer yang sebagian besar atau bahkan seluruh elemennya dikemas dalam sebuah IC (Integrated Circuit), sehingga seringkali disebut single chip microcomputer. Mikrokontroler ini juga bisa didefinisikan sebagai sebuah sistem komputer yang mempunyai salah satu atau bahkan beberapa tugas yang sangat spesifik.


2. Menurut Agus Bejo (2007)
Mikrokontroler merupakan sebuah IC yang dapat diprogram berulang kali, baik ditulis atau dihapus.


3. Menurut Setiawan (2011) 
Mikrokontroller merupakan suatu IC (Integrated Circuit) yang mempunyai kepadatan yang sangat tinggi. Semua bagian yang diperlukan untuk suatu kontroler sudah dikemas dalam satu keping, yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), EEPROM/EPROM/PROM/ROM, I/O,  Serial & Parallel, dan Timer, Interupt Controller.

4. Menurut Fauzi (2011:1) 
Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol atau pengendali rangkaian elektronik dan umumnya dapat menyimpan program didalamnya, program yang ada di mikrokontroler bisa dihapus dan ditulis ulang.



Posting Komentar untuk "Pengertian Mikrokontroler Menurut Para Ahli"