Pengertian Sensor Menurut Para Ahli

 

Pengertian Sensor Menurut Para Ahli

Sensor merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur suatu parameter tertentu misalkan jarak, suhu, tekanan, kelembapan, proximity (logam), cahaya dan lain lain. Untuk mahasiswa teknik elektro kami mengenal berbagai macam sensor yang biasa dihubungkan ke mikrokontroler baik itu arduino, raspberry ataupun ATMEGA dan lain lain. Sensor yang kami gunakan antara lain : sensor PIR, sensor Ultrasonik, sensor LDR, sensor suara dan lain lain.

Pada dasarnya di kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari sensor, contohnya ketika kita memasuki sebuah mall terdapat sensor pendeteksi objek yang membuat pintu terbuka secara otomatis ketika kita mendekati pintul mall tsb. 

Contoh lainnya yaitu ditengah kondisi covid-19 seperti sekarang , di setiap kita akan memasuki gedung atau bangunan publik selalu di tes menggunakan sensor suhu tubuh untuk menjaga keamanan orang di sekitar dari bahaya tertular virus.

Contoh lainnya lagi adalah sensor yang terdapat di setiap bandara penerbangan yaitu sensor pendeteksi logam yang berada di setiap pintu masuk bandara tsb agar menjaga keamanan dari benda-benda berbahaya yang dibawa pengunjung.

Contoh lain yaitu pada smartphone yang kita gunakan saat ini. Pada smartphone kita saat ini terdapat beberapa sensor yaitu : sensor cahaya, sensor ini berfungsi untuk memberikan fitur kecerahan layar otomatis , jadi ketika cahaya di sekitar terang maka secara otomatis layar smartphone kita akan meredup agar kita tetap nyaman menatap layar hp kita.

Kemudian juga ada sensor sidik jari dan sensor pendeteksi wajah yang membuat kita menjadi lebih gampang dalam membuka kunci hp kita. Selain itu fungsi dari sensor ini adalah sebagai keamanan hp agar tidak sembarangan di buka oleh orang lain.

Ada juga sensor akselerometer yang berfungsi untuk mendeteksi posisi handphone sehingga layar pada smartphone akan mengikuti posisi hp yaitu landscape atau potrait. 

Ada juga sensor suhu yang digunakan untuk mendeteksi suhu smartphone kalian. Jadi ketika suhu hp diatas rata-rata maka ponsel kita akan mati secara otomatis sampai ponsel kita kembali dingin.

Pada beberapa smartwatch sekarang juga terdapat sensor denyut jantung untuk mendeteksi denyut jantung kita, sensor ini juga akan memberikan peringatan apabila denyut jantung kita tidak normal (terlalu cepat atau terlalu lambat).


Sensor Menurut Para Ahli

Pengertian sensor menurut para ahli pasti berbeda-beda dan punya pandangannya masing-masing. Untuk itu berikut kami rangkum pendapat beberapa ahli tentang pengertian sensor :


1. D Sharon, dkk (1982), 

Mengatakan sensor adalah suatu peralatan yang berfungsi untuk mendeteksi sinyal atau gejala yang berasal dari perubahan suatu energi seperti energi fisika, energi listrik, energi biologi, energi kimia, energi mekanik dan sebagainya.

Contohnya yaitu pada sensor LDR yaitu mendeteksi perubahan fisika berupa energi cahaya. Kemudian contoh lainnya yaitu pada sensor PIR yang berfungsi untuk mendeteksi pergerakan mahluk hidup.


2. Menurut Willian D C. 

sensor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur energy dalam sebuah transmisi dan akan menyalurkan energy tersebut dalam bentuk yang lainnya yang merupakan transmisi lainnya.


Contohnya yaitu pada sensor suhu LM35 dimana merubah besaran suhu hasil pengukuran sensor menjadi energi listrik. Prinsip kerja dari sensor ini yaitu merubah setiap suhu 1 ÂșC  menjadi 10 mV tegangan. 


Contoh lainnya yaitu pada sensor suara KY-037. Sensor ini merubah besaran frekuensi (tinggi-rendah suara) menjadi sinyal analog yang kemudian bisa dibaca oleh mikrokontroler (seperti Arduino dan lain lain) dengan program / coding tertentu.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sensor Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel