Skema instalasi listrik rumah

 

Skema Instalasi listrik rumah merupakan suatu rangkaian listrik yang menggambarkan sambungan kabel dan aliran arus listrik dari Sumber PLN sampai ke semua peralatan elektronik yang ada di rumah tsb. 


Jenis Skema Instalasi listrik Rumah

Skema instalasi listrik rumah yang digunakan untuk menggambarkan sambungan kabel dan aliran listrik tsb banyak macamnya diantarannya :

  • Diagram PHB
  • Diagram Satu Garis 
  • Diagram Pengawatan
  • Denah Instalasi

Diagram PHB (Panel Hubung Bagi)

Skema instalasi listrik rumah

Gambar diatas merupakan salah satu contoh gambar diagram PHB (Panel Hubung Bagi). 

Bisa dilihat pada gambar bahwa Diagram PHB ini menjelaskan tentang : 
  • Rating MCB Utama dan MCB Cabang yang dipakai, 
  • Ukuran kabel yang dipakai, 
  • Jenis kabel yang dipakai, 
  • Berapa sambungan kabel yang dipakai, 
  • dan Berapa kelompok beban

Penjelasan Gambar :
  • Bisa dilihat pada gambar bahwa rating MCB pusat adalah 10 Ampere. Rating MCB pusat ini merupakan MCB yang terdapat pada KWH-Meter PLN sehingga tidak dapat diganti maupun diubah
  • Bisa dilihat pada gambar bahwa aliran listrik dibagi menjadi dua kelompok beban. Masing-masing dari kelompok beban ini juga dipasang satu MCB sebagai proteksi. Rating pada MCB cabang ini yaitu 6 A dan 2 A.
  • Kemudian kabel yang dipakai adalah kabel NYM yaitu kabel berisolasi PVC, berinti tembaga dan bunya lebih dari satu inti kabel. Kabel NYM ini merupakan kabel yang paling umum digunakan pada suatu instalasi listrik rumah tinggal.
  • Kemudian ukuran dari kabel listrik tsb adalah 1,5 mm2. Ukuran kabel ini mempengaruhi dari KHA (Kuat Hantar Arus) dari suatu kabel. Oleh karena itu dalam pemilihan kabel juga disesuaikan dengan arus maksimal yang akan mengalir ke kabel tsb.
  • Selanjutnya bisa kita lihat bahwa kelompok ke-1 menggunakan 3 inti kabel (Fasa - netral - ground) yaitu terlihat dari (3 x 1,5 mm), sementara itu kelompok ke-2 menggunakan 2 inti kabel (Fasa - Netral).

    Hal tsb terjadi karena pada kelompok ke-2 hanya berupa beban penerangan (lampu) sehingga tidak memerlukan kabel ground. 

Denah Instalasi Rumah

contoh denah skema instalasi listrik rumah

Gambar diatas merupakan salah satu contoh denah instalasi rumah tinggal dengan menggunakan diagram satu garis (Singgle Line Diagram). Pada denah instalasi diatas menjelaskan tentang sambungan kabel dari sumber PLN kemudian ke KWH meter dan MCB utama, kemudian ke MCB cabang, selanjutnya ke semua peralatan listrik.  

Bisa dilihat pada denah instalasi di atas bahwa hanya terdapat gambar : 
  • APP (Alat pengukur dan Pembatas) yaitu KWH meter + MCB
  • Lampu
  • Saklar
  • Stop kontak
Peralatan listrik seperti kulkas, oven, Televisi dan lain lain tidak digambar karena semua peralatan tsb akan dihubungkan ke stop kontak. Untuk itu penempatan stop kontak pada suatu instalasi rumah tinggal juga harus diperhatikan agar tidak terlalu jauh dari peralatan listrik.

Kemudian untuk pemasangan saklar sendiri juga harus memperhatikan kenyamanan dari si pengguna. Biasanya saklar ini diletakkan di tempat yang mudah untuk dijangkau.

Diagram Pengawatan

diagram pengawatan skema instalasi listrik rumah

Gambar diatas merupakan salah satu contoh dari diagram pengawatan. Diagram pengawatan ini menjelaskan secara detail sambungan kabel pada setiap peralatan listrik. Bisa dilihat pada gambar bahwa terdapat dua buah saklar tunggal, dua lampu dan satu stop kontak. Kabel warna merah menggambarkan fasa, kabel warna biru menggambarkan netral dan kabel warna hijau menggambarkan ground.

Saklar tunggal ini digunakan untuk mengendalikan (nyala dan mati) lampu. Kemudian stop kontak digunakan untuk menghububungkan sumber listrik PLN ke peralatan listrik.


Diagram Satu Garis

diagram satu garis skema instalasi listrik rumah

Gambar diatas merupakan salah satu contoh sederhana dari diagram satu garis. Diagram satu garis ini tak jarang menjadi sebuah acuan perencanaan instalasi listrik rumah maupun gedung. Pada gambar diatas terlihat bahwa terdapat sebuah saklar tunggal dan sebuah lampu. Pada diagram satu garis untuk membedakan antara kabel fasa dan netral menggunakan simbol tertentu yang sudah ditetapkan (seperti terlihat pada gambar di atas).








4 Komentar untuk "Skema instalasi listrik rumah"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......