Pengembangan Modul ESP8266

Esp8266 adalah sebuah modul yang berfungsi sebagai perangkat yang digunakan untuk menghubungkan ke jaringan Wifi. Maka dari itu modul ini sering disebut sebagai ESP8266Wifi.

esp8266

Seri dari modul ini sangat banyak sekali karena terus dilakukan pengembangan mulai dari Generic ESP8266 yang harus dihubungkan ke Mikrokontroler terlebih dahulu hingga NodeMCU yang sudah dilengkapi dengan chip sehingga tidak perlu tambahan mikrokontroler.


ESP 01 Sampai ESP 14

Penggunaan ESP seri ini umumnya masih dihubungkan ke mikrokontroler seperti arduino melalui komunikasi serial. 


Kelebihan dari modul seri ini tentu bentuknya yang sangat kecil dan praktis sehingga sangat cocok untuk dihubungkan ke mikrokontroler. Akan tetapi kekurangan dari seri ESP ini adalah membutuhkan perangkat tambahan untuk menanam coding seperti terlihat pada gambar dibawah.


Bisa dilihat pada gambar bahwa terdapat USB Khusus yang digunakan untuk memprogram ESP seri ini. Akan tetapi apabila sudah mempunyai Arduino maka kalian juga bisa memprogram ESP seri ini dengan arduino seperti gambar di bawah.

Bisa kita lihat bahwa ESP 01 ini dihubungkan secara serial dengan dimana pin RX dan TX  dari dua buah perangkat dihubungkan satu sama lain. Kemudian ESP 01 ini dihubungkan ke tegangan 3,3 Volt dari Arduino dan GND juga dari Arduino.


NodeMCU

NodeMCU merupakan sebuah modul pengembangan lanjutan dari ESP8266. Jika versi ESP sebelumnya tidak menggunakan chip dan butuhu mikrokontroler tambahan akan tetapi tidak dengan ESP versi ini.

NodeMCU ini sudah dilengkapi dengan chip sehingga bisa berdiri sendiri tanpa dihubungkan ke mikrokontroler. Maka dari itu NodeMCU ini merupakan suatu mikrokontroler yang sering digunakan untuk projek IOT kerena bentuknya yang kecil dan sudah satu paket dengan mikrokontroler dan dapat dihubungkan ke jaringan Wifi.

Contoh projek IOT menggunakan NodeMCU ini yaitu dengan menggubungkannya dengan aplikasi Blynk. Blynk merupakan suatu platform IOT yang dapat diakses di ponsel pintar ataupun komputer. Misalkan NodeMCU ini digunakan untuk mengukur suhu dengan dihubungkan ke LM35. Maka pengukuran suhu tersebut dapat dimonitoring dengan aplikasi tersebut, baik melalui ponsel pintar ataupun komputer.


Wemos


Wemos ini juga merupakan pengembangan dari modul ESP8266 dengan tambahan socket untuk menancapkan kabel. Bisa kita lihat bahwa bentuk dari Wemos saat ini sangat mirip dengan Arduino Mega. Akan tetapi wemos ini dapat dihubungkan secara langsung ke jaringan wifi tanpa adanya perangkat tambahan seperti Arduino Mega. 

Wemos D1 R2 ini mempunyai memori yang lebih besar dari NodeMCU. Maka dari itu coding yang bisa di simpan pada mikrokontroler ini lumayan besar dan setara dengan Arduino Mega. Adanya socket untuk menancapkan kabel juga membuat Wemos D1 ini sangat cocok untuk pelajar yang ingin belajar tentang IOT (Internet Of Things). 

Belum ada Komentar untuk "Pengembangan Modul ESP8266 "

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......