Wemos D1 Mini adalah

Wemos d1 mini adalah sebuah board mikrokontroler dengan tambahan fungsi untuk bisa dihubungkan ke jaringan Wifi. Wemos jenis ini merupakan versi paling rendah dimana versi tertinggi dari board mikrokontroler ini adalah Wemos D1 R2.

Akan tetapi wemos d1 mini ini sangat banyak peminatnya dikarenakan bentuknya yang sangat simpel, tipis dan praktis. Dengan bentuk sekecil itu dan sangat tipis, mempunyai memori 16 MB pada versi tertingginya yaitu Wemos D1 Mini Pro.


Spesifikasi wemos d1 mini

Pada dasarnya wemos d1 mini ini mempunyai 3 versi dimana setiap versi mempunyai spesifikasi yang berbeda beda.


Seperti terlihat pada gambar Wemos mini ini terdiri dari 3 versi yaitu Wemos D1 Mini biasa, versi lite, dan versi Pro. Perbedaan ketiga versi wemos d1 mini tersebut adalah pada jumlah memori yang bisa disimpan, kualitas penangkap sinyal Wifi dan kualitas USB yang digunakan.

  • Wemos D1 Mini Biasa
    Pada wemos versi ini kapasitas memori-nya adalah 4 MB. Kemudian USB yang digunakan adalah USB UART CH34OG. Bahan antena penangkap sinyal wifi adalah tembaga biasa dan mempunyai ketebalan 6,7 mm. 

  • Wemos D1 Mini Lite
    Pada wemos versi ini kapasitas memori-nya hanya 1 MB. Kemudian USB yang digunakan sama dengan Wemos D1 Mini biasa yaitu USB UART CH34OG. Sama seperti versi D1 Mini biasa bahan antena penangkap sinyal wifi adalah tembaga biasa dan mempunyai ketebalan 5,1 mm. 

  • Wemos D1 Mini Pro
    Versi tertinggi dari Wemos mini ini mempunyai kapasitas memori 16 MB. Kemudian USB yang digunakan juga mempunyai versi yang lebih tinggi yaitu USB UART CP2104. Bahan antena penangkap sinyal Wifi yang digunakan adalah keramik sehingga mempunyai kualitas yang lebih bagus. Wemos versi ini juga sangat tipis yaitu hanya mempunyai ketebalan 3,6 mm.


Fungsi Wemos D1 Mini

  • Dapat dihubungkan ke Sensor
    Wemos mini ini dapat berfungsi sebagai mikrokontroler biasa yang dapat dihubungkan ke sensor tertentu yang compatible seperti LM35, DHT11, Sensor PIR dan lain lain. Untuk pembacaan nilai sensor dapat ditanam coding tertentu menggunakan aplikasi Arduino IDE.

  • Dapat dihubungkan ke Actuator
    Actuator merupakan suatu peralatan mekanis pengontrol pada rangkaian listrik contohnya yaitu selenoid dan relay. Wemos D1 Mini ini dapat dihubungkan ke selenoid mini yang membutuhkan daya hanya 3,3 Volt atau Actuator lainnya seperti Relay mini dan lain lain.

  • Dapat dihubungkan ke jaringan Wifi
    Fungsi utama dari wemos d1 mini ini merupakan board mikrokontroler yang dapat dihubungkan ke jaringan wifi. Oleh karena itu mikrokontroler ini dapat digunakan sebagai perangkat IOT dimana pembacaan nilai sensor dapat dikirim melalui internet dengan jaringan Wifi. Selain itu actuator seperti relay mini dapat dikendalikan melalui internet menggunakan wemos d1 mini ini.

 

Wemos D1 Mini Pinout

Walaupun mempunyai 3 versi akan tetapi pin yang tersedia pada wemos D1 mini ini sama persis dimana tidak ada perbedaan dari tiap versinya.
  • Pin Digital (D0 sampai D8)
    Merupakan suatu pin yang digunakan sebagai Input / Output sinyal digital. Sinyal digital ini hanya mempunyai dua logika yaitu HIGH (5 V) dan LOW (0 V). 
    Jadi pin Digital ini dapat digunakan sebagai output dengan dihubungkan ke beberapa perangkat seperti lampu LED, Relay, Selenoid, Kipas DC, dan lain lain.
    Kemudian pin Digital ini juga dapat digunakan sebagai input dengan dihubungkan dengan sensor yang mengeluarkan sinyal digital seperti sensor PIR.

  • Pin Analog
    Merupakan suatu pin yang digunakan sebagai Input / Output sinyal Analog. Sinyal analog ini mempunyai nilai 0 - 1023, dimana nilai analog 1023 adalah 5 Volt DC. Biasanya pin analog ini dihubungkan ke sensor dengan keluaran analog seperi sensor suhu LM35, sensor suhu dan kelembapan DHT11 dan DHT 22, dan lain lain.

  • Pin Output 3,3 Volt dan 5 Volt
    Merupakan suatu pin yang digunakan untuk sumber tegangan rangkaian elektronika yang dihubungkan ke wemos ini.

  • Pin GND
    Digunakan sebagai grounding rangkaian elektronika atau digunakan sebagai kutub negatif rangkaian yang terhubung ke wemos ini.

  • Pin RST
    Pin yang digunakan untuk mereset wemos akan program berjalan ulang atau kembali ke awal program.

  • Pin TX dan RX
    Digunakan sebagai komunikasi serial untuk menghubungkan ke mikrokontroler lain seperti arduino. Pin TX (Transciever) digunakan untuk mengirimkan data sementara pin RX (Reciever) digunakan untuk menerima data.

Belum ada Komentar untuk "Wemos D1 Mini adalah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......