Perbedaan Nodemcu dan Arduino

NodeMCU dan Arduino pada dasarnya merupakan dua buah mikrokontroler yang sangat populer dan banyak digunakan. Dua papan mikrokontroelr ini sangat banyak digunakan oleh mahasiswa teknik elektro maupun teknik elektronika karena penggunaan-nya yang sangat praktis dan simpel ditambah dengan harganya yang sangat pas untuk kantong pelajar.

Kepopuleran dua buah mikrokontroler ini juga dikarenkan mudahnya pemograman dari mikrokontroler ini dimana terdapat banyak sekali library dari sensor - sensor yang tersedia di internet. Hal tersebut membuat pengguna tinggal meng-copy paste coding tersebut dan menanamkan-nya ke Arduino maupun NodeMCU. Selain itu software yang digunakan untuk memprogram juga sama yaitu menggunakan Arduino IDE.


Akan tetapi apa Perbedaan NodeMCU dan Arduino ?

Perbedaan NodeMCU dan Arduino

  • Pada dasarnya perbedaan mendasar antara dua mikrokontroelr ini adalah pada NodeMCU terdapat fungsi khusus yang dapat menghubungkan ke jaringan wifi tanpa perangkat tambahan

    Sementara itu pada arduino, untuk menghubungkan papan mikrokontroler ini ke jaringan wifi maka harus menggunakan perangkat tambahan seperti Ethernet Shield atau Esp8266.  

    Gambar diatas merupakan salah satu cara bagaimana menghubungkan arduino ke jaringan wifi menggunakan modul ESP 01 dimana modul tersebut merupakan salah satu seri ESP8266.

  • Tegangan Output
    Pada arduino mempunyai dua jenis tegangan output yaitu 3,3 Volt DC dan 5 Volt DC. Sementara itu NodeMCU hanya mempunyai satu tegangan output yaitu 3,3 Volt DC.

    Hal tersebut tentu akan menjadi masalah ketika ingin menghubungkan NodeMCU dengan actuator tertentu yang membutuhkan daya 5 Volt untuk bisa bekerja misalkan Relay, Selenoid, Kipas DC dan lain lain.

  • Output Pin Digital
    Pada Mikrokontroler arduino output pin digital ini mempunyai tegangan 5 Volt saat logika HIGH dan 0 Volt saat logika LOW. 
    Berbeda dengan pin Digital pada NodeMCU yang mempunyau tegangan output 3,3 Volt ketika logika HIGH dan 0 Volt ketika logika LOW.

  • Input Pin Analog
    Input maksimal pada pin analog NodeMCU ini hanya 3,3 Volt sehingga mempengaruhi pembacaan sensor tertentu.

    Sementara itu pin Analog pada arduino mempunyai input maksimal 5 Volt DC.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Nodemcu dan Arduino"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......