Perbedaan NodeMCU dan ESP8266

NodeMCU dan ESP8266 pada dasarnya merupakan sebuah papan mikrokontroler dengan pabrikan yang sama. NodeMCU merupakan pengembangan dari ESP8266 dimana diawali dari ESP 01 sampai menjadi ESP 14 dan disempurnakan menjadi NodeMCU.

Perbedaan NodeMCU dan ESP8266

Maka dari itu banyak sekali orang yang salah memahami ESP8266 ataupun NodeMCU dikarenakan nama produknya yang sama di internet dikarenakan diproduksi di pabrikan yang sama.

Maka dari itu mencari Perbedaan NodeMCU dan ESP8266 itu salah, dikarenakan NodeMCU merupakan pabrikan dari ESP8266 itu sendiri.


ESP 8266 merupakan sebuah perangkat mikrokontroler digunakan untuk menghubungkan ke jaringan Wifi. Seri dari modul ini sangat banyak sekali karena terus dilakukan pengembangan mulai dari Generic ESP8266 yang harus dihubungkan ke Mikrokontroler terlebih dahulu hingga NodeMCU yang sudah dilengkapi dengan chip sehingga tidak perlu tambahan mikrokontroler.


Pada seri ESP 01 ini membutuhkan mikrokontroler tambahan untuk bisa digunakan. Jadi ESP 01 ini merupakan sebuah antena penangkap sinyal wifi yang harus dihubungkan ke mikrokontroler seperti Arduino ataupun RaspBerry.

Kemudian NodeMCU merupakan sebuah papan mikrokontroler dengan tambahan fungsi untuk bisa dihubungkan ke wifi. NodeMCU ini dinilai sangat ringkas dan efisien dikarenakan tidak memerlukan perangkat tambahan untuk bisa terhubung ke jaringan wifi.


Berbeda dengan Arduino yang memerlukan perangkat tambahan untuk bisa terhubung ke internet seperti dihubungkan ke ESP 01 seperti gambar dibawah ini.

Bisa kita lihat bahwa ESP 01 ini dihubungkan secara serial dengan dimana pin RX dan TX  dari dua buah perangkat dihubungkan satu sama lain. Kemudian ESP 01 ini dihubungkan ke tegangan 3,3 Volt dari Arduino dan GND juga dari Arduino. Terlihat kan bahwa ESP 01 ini merupakan sebuah antena penangkap sinyal Wifi.

Berbeda dengan NodeMCU yang tidak membutuhkan perangkat tambahan untuk bisa terhubung ke jaringan Wifi. 


Jadi kesimpulannya adalah ESP8266 merupakan suatu pabrik yang mana mengembangkan modul ESP 01 sampai ESP 14 dan disempurnakan menjadi NodeMCU.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan NodeMCU dan ESP8266"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......