Mengenal Istilah Saklar SPST SPDT DPST DPDT TPST ST6T

Saklar SPST SPDT DPST DPDT TPST ST6T

Saklar merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengendalikan (mematikan dan menghidupkan) lampu. Seperti terlihat pada gambar, saklar ini dapat dibedakan berdasarkan kondisinya yaitu dari jumlah pole dan throw - nya dimana terdiri dari Saklar SPST SPDT DPST DPDT TPST ST6T.

Secara sederhana pole dapat diartikan sebagai input saklar, sementara itu throw dapat diartikan sebagai output saklar. Jadi misalkan pada saklar DPDT (Double Pole Double Throw), jadi saklar ini mempunyai dua input dan setiap saklar mempunyai dua output seperti terlihat pada gambar di atas.

Saklar SPST

Saklar SPST (Singgle Pole Singgle Throw), merupakan suatu saklar yang hanya mempunyai satu input dan satu buah ouput seperti gambar di bawah ini.
Saklar SPST

Terlihat pada gambar bahwa saklar ini sebenarnya adalah saklar tunggal, dimana hanya memiliki satu buah input dan satu buah output. Saklar jenis ini merupakan saklar yang paling populer dan sering digunakan pada instalasi rumah dan gedung.

Saklar SPDT

Saklar SPDT (Singgle Pole Doube Throw) merupakan suatu jenis saklar yang mempunyai satu Input dan Dua Output seperti gambar dibawah ini.
Saklar SPDT
Jadi seperti terlihat pada gambar diatas bahwa saklar ini mempunyai satu masukan (Input) dan dua keluaran (Output). Pada instalasi rumah dan gedung saklar jenis ini sering disebut sebagai saklar tukar atau saklar hotel. Disebut sebagai saklar hotel karena paling sering digunakan untuk perhotelan.

Saklar DPST

Saklar DPST (Double Pole Singgle Throw) merupakan suatu jenis saklar yang mempunyai dua Input dan Dua Output seperti gambar dibawah.
Saklar DPST
Terlihat pada gambar bahwa saklar ini mempunyai double / dua input dan masing masing input saklar mempunyai singgle throw / satu output. 
Saklar jenis ini biasa disebut sebagai Saklar Seri pada instalasi Rumah dan Gedung. Saklar ini digunakan untuk mengendalikan (mematikan dan menghidupkan) dua buah lampu.

Saklar DPDT

Saklar DPDT (Double Pole Double Throw) merupakan suatu jenis saklar yang mempunyai dua Input dan Dua Output seperti gambar dibawah. 
Saklar DPDT
Terlihat pada gambar bahwa saklar ini mempunyai double / dua input dan masing masing input saklar mempunyai double throw / dua output. Jadi saklar ini merupakan gabungan dari dua Saklar Seri.  

Saklar TPST

Saklar TPST (Triple Pole Singgle Throw) merupakan suatu jenis saklar yang mempunyai tiga Input dan satu Output seperti gambar dibawah.
Saklar TPST
Terlihat pada gambar bahwa saklar ini mempunyai Triple / tiga input dan masing masing input saklar mempunyai single throw / satu output. Jadi saklar ini merupakan gabungan dari tiga buah Saklar Tunggal.  

Saklar SP6T

Saklar SP6T (Singgle Pole Six Throw) merupakan suatu jenis saklar yang mempunyai satu Input dan Enam Output seperti gambar dibawah ini.
Saklar SP6T

Terlihat pada gambar bahwa saklar ini mempunyai Single / satu input dan dari input tersebut terdapat 6 keluaran (Output). Jadi pada dasarnya Saklar SP6T ini seperti gabungan dari 6 Saklar Tunggal.



Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah Saklar SPST SPDT DPST DPDT TPST ST6T "

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......