Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Lengkap Rangkaian Star Delta

Rangkaian Star Delta adalah suatu rangkaian motor listrik yang terdiri dari gabungan antara rangkaian star dan rangkaian delta yang digunakan dengan tujuan untuk mengurangi lonjakan arus ketika motor baru dinyalakan. 

Rangkaian motor ini juga sering disebut sebagai Rangkaian Bintang Segitiga dikarenakan bentuknya yang mirip seperti bintang dan segitiga seperti terlihat pada gambar dibawah ini !!

Rangkaian star delta

Apa itu star delta

Seperti terlihat pada gambar di atas rangkaian star delta ini sebenarnya adalah suatu rangkaian motor listrik yang terdiri dari dua rangkaian motor yaitu rangkaian Star dan Rangkaian Delta. Rangkaian motor ini bekerja secara bergantian yaitu rangkaian star terlebih dahulu kemudian setelah beberapa saat berganti menjadi rangkaian Delta. 


Fungsi Star Delta

Fungsi utama dari rangkaian Star Delta adalah untuk mengurangi lonjakan arus ketika motor baru dinyalakan atau biasa disebut sebagai arus starting. Jadi ketika motor baru dinyalakan maka akan menggunakan rangkaian Star terlebih dahulu, ketika kecepatan motor sudah mencapai 80% maka rangkaian motor akan diganti menjadi rangkaian Delta.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mengurangi lonjakan arus pada saat motor baru dinyalakan. Selain itu tujuan lainnya adalah agar torsi motor tidak berkurang dikarenakan salah satu kelebihan rangkaian star adalah torsi motor bisa sangat tinggi ketika baru dinyalakan.


Rangkaian Kontrol Star Delta

rangkaian kontrol star delta

Rangkaian Kontrol ini menjelaskan tentang sambungan kontak bantu pada kontaktor. 

Bisa dilihat pada gambar bahwa rangkaian ini menggunakan tiga buah kontaktor yaitu K1, K2 dan K3. Ketika tombol ON 1 ditekan maka indikator yang menyala pada rangkain adalah lampu warna hijau dan rangkaian yang terhubung pada kontak utama kontaktor adalah K1 dan K2.

Kemudian apabila tombol ON 2 ditekan maka indikator yang menyala pada rangkaian adalah lampu warna kuning dan rangkaian yang terhubung pada kontak utama kontaktor adalah K1 dan K3.


Rangkaian Daya Star Delta

rangkaian daya star delta
Rangkaian Daya ini menjelaskan tentang hubungan kontak utama dengan sambungan pada motor. Seperti terlihat pada gambar diatas terlihat bahwa :
  • Kontak Utama Kontaktor 1 dan Kontak Utama Kontaktor 2 dihubungkan secara delta / segitiga. 
  • Sedangkan Kontak Utama Kontaktor 1 dan Kontak Utama Kontaktor 3 dihubungkan secara star / bintang.

Cara Kerja Rangkaian Star Delta

pengertian star delta
Pada rangkaian Star Delta manual seperti gambar diatas maka kita perlu menombol push Button 1 untuk menyalakan rangkaian. Terlihat pada gambar, ketika menekan push button 1 yang terhubung adalah koil kontaktor 1 dan koil kontaktor 3.
  • Hal tersebut menyebabkan semua kontak NO (Normally Open) pada Kontaktor 1 (K1) dan Kontaktor 3 (K3) akan akan terhubung. 
  • Dan semua kontak NC (Normally Close) pada Kontaktor 1 (K1) dan Kontaktor 3 (K3) akan terputus.
  • Kenapa hal tersebut bisa terjadi ? silahkan kunjungi cara kerja kontaktor

Kemudian kontak utama kontaktor 1 dan kontak utama kontaktor 3 dihubungkan secara star / bintang. Maka rangkaian yang terjadi pada motor listrik adalah rangkaian star.

wiring star delta
Kemudian ketika menekan push button 2 yang terhubung adalah koil kontaktor 1 dan koil kontaktor 2.
  • Hal tersebut menyebabkan semua kontak NO (Normally Open) pada Kontaktor 1 (K1) dan Kontaktor 2 (K2) akan akan terhubung. 
  • Dan semua kontak NC (Normally Close) pada Kontaktor 1 (K1) dan Kontaktor 2 (K3) akan terputus.
  • Kenapa hal tersebut bisa terjadi ? silahkan kunjungi cara kerja kontaktor

Kemudian kontak utama kontaktor 1 dan kontak utama kontaktor 2 dihubungkan secara Delta / Segitiga. Maka rangkaian yang terjadi pada motor listrik adalah rangkaian Delta.


Rumus Star Delta

Rangkaian Star Delta ini juga mempunyai persamaan yang biasanya diajarkan pada pelajaran SMA, Berikut adalah persamaannya :

Rumus Star Delta

Biasanya persamaan rangkaian star delta seperti diatas digunakan untuk mencari nilai resistor atau hambatan pengganti.


Untuk lebih memahami Rangkaian Star Delta ini, berikut sudah kami buatkan vidio nya

Silahkan ditonton !!!



11 komentar untuk "Pembahasan Lengkap Rangkaian Star Delta"

  1. Sangat lengkap informasinya.....

    hehehe...

    BalasHapus
  2. Tambahin rumus² min klo ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik kak sudah kami tambahkan...

      terimakasih untuk saranya...

      Hapus
  3. Sepertinya ada yg salah tuj dari rangkain kontrol ny

    BalasHapus
  4. Kalau di lihat dari rangkain kontrol ny itu sehabis rangkain star apalabila tidak memencet tombol off dlu rangkain delta tidak akan bisa berjalan karena K3 masih bekerja otomatis kontak Nc k3 yg terhubung ke K2 masih terbuka (NO) makan akan menyebabkan koil k2 (rangkain kontrol delta) tidak mendapat tegangan listrik dan tidak akan bekerja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang benar kak..... dan sudah kami buatkan vidio-nya...

      Jadi rangkaian pada artikel diatas tidak bisa berganti secara otomatis dari Star ke Delta menggunakan push button ON1 dan ON2

      Akan tetapi dalam vidio juga dijelaskan apabila ingin rangkaian berganti secara otomatis dari Star ke Delta, maka menggunakan TDR (Timer Delta Relay).

      Terimakasih sudah berkunjung kak....
      Semoga membantu...

      Hapus
    2. Silahkan tonton vidio kami diatas terlebih dahulu kak....
      terimakasih...

      Hapus

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......