Pembahasan Lengkap Penangkal Petir

Penangkal petir adalah sebuah instalasi listrik yang berfungsi untuk melindungi rumah, gedung ataupun bangunan di sekitar dari sambaran petir.

Instalasi ini bertujuan untuk mengalirkan sambaran petir ke dalam tanah (Grounding) sehingga listrik tersebut tidak merusak peralatan elektronik yang terpasang pada instalasi rumah dan gedung.


Fungsi Penangkal Petir

Pada dasarnya instalasi penangkal petir ini memiliki fungsi utama untuk menangkap sambaran petir kemudian mengalirkan arus listrik tsb ke dalam tanah (Grounding). Akan tetapi untuk lebih jelasnya kegunaan lain instalasi penangkal petir ini adalah sebagai berikut :
  • Pada Jaringan Transmisi Listrik
    Fungsi Penangkal Petir
    Gardu Jaringan Transmisi merupakan bangunan yang sangat rawan tersambar petir dikarenakan ketinggiannya dan bahan yang terbuat dari tembaga. Penangkal petir digunakan untuk melindungi gardu transmisi dari sambaran petir yang mana dapat merusak komponen pada gardu seperti transformator dan lain lain.

    Jadi Lightning Arrester akan dihubungkan ke gardu transmisi seperti pada gambar diatas. Gardu Transmisi ini tertancap di dalam tanah, sehingga ketika petir menyambar maka listrik yang sangat besar tersebut akan dialirkan ke dalam tanah (Grounding).

  • Pada instalasi rumah dan Gedung
    Penangkal Petir
    Pada instalasi rumah dan gedung penangkal petir digunakan untuk melindungi peralatan elektronik rumah dan gedung sehingga tidak rusak ketika terjadi sambaran petir. 

    Seperti terlihat pada gambar, ketika petir menyambar maka akan diarahkan untuk menyambar batang penangkal. Setelah itu muatan listrik yang sangat besar tersebut akan dialirkan ke tanah dengan sistem Grounding yang baik.

Komponen Instalasi Penangkal Petir
Seperti terlihat pada gambar diatas bahwa pada dasarnya komponen instalasi penangkal petir terdiri dari tiga bagian utama yaitu :

Arrester Petir

Merupakan suatu komponen yang digunakan sebagai media untuk menangkap sambaran petir. Bahan yang digunakan untuk komponen ini biasanya menggunakan tembaga dan alumunium yang dilapisi oleh bahan anti korosi. Hal tersebut dikarenakan batang penangkal ini akan sangat sering terkena hujan sehingga rawan berkarat atau korosi.

Kabel Grounding Penangkal Petir

Kabel ini digunakan sebagai konduktor yang mana mengalirkan sambaran petir dari batang penangkal ke sistem grounding. Kabel ini harus sesuai standar SNI untuk mengalirkan listrik dari sambaran petir karena dikhawatirkan dapat terbakar. Biasanya untuk instalasi penangkal petirl ini menggunakan kabel BC minimal diameter 50mm.

Grounding Penangkal Petir

Merupakan suatu sistem pentanahan yang digunakan untuk mengalirkan kelebihan arus listrik entah itu karena hubung singkat atau sambaran petir ke tanah. 

Sistem Grounding ini harus memenuhi standar SNI antara lain :
  • Nilai tahanan tanah harus kurang dari 2 Ohm. 
    Hal tersebut dikarenakan karakteristik listrik yang lebih suka mengalir di tempat yang nilai hambatannya lebih sedikit. Maka dari itu semakin kecil nilai hambatan Ohm maka semakin bagus.

  • Bahan konduktor elektronda yaitu tembaga atau besi
    Pada sistem grounding terdapat satu batang konduktor elektroda yang menancap dalam tanah. Batang ini digunakan sebagai media mengalirnya arus listrik ke tanah. Bahan yang direkomendasikan untuk pembuatan elektroda tembaga ini adalah dari bahan tembaga murni.

Cara Kerja Alat Penangkal Petir

Pada dasarnya prinsip kerja dari peralatan ini adalah membuat suatu jalur yang mudah dilewati oleh arus listrik petir. Jadi ketika petir menyambar maka arus listrik tersebut akan mengalir ke instalasi lighting arester yaitu akan dialirkan ke dalam tanah (Grounding) sehingga peralatan elektronik rumah dan gedung tetap aman dan terhindar dari kerusakan.
Cara Kerja Alat Penangkal Petir

Pada gambar diatas terlihat bahwa :
  • Batang penangkal / Arrester petir merupakan suatu alat yang digunakan sebagai media untuk menangkap sambaran petir. Bahan yang digunakan untuk komponen ini biasanya menggunakan tembaga dan alumunium yang dilapisi oleh bahan anti korosi.
  • Kemudian terdapat kabel listrik yang digunakan untuk mengalirkan listrik sambaran petir ke sistem Grounding.
  • Sistem Grounding merupakan suatu sistem pada instalasi rumah dan gedung yang digunakan untuk meredam dan mengalirkan arus berlebih ke tanah.
  • Jadi ketika terjadi sambaran petir, maka listrik yang muatannya sangat besar tersebut akan dialirkan ke dalam tanah.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Lengkap Penangkal Petir"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......