Surge Protector adalah

Surge Protection Device atau Surge protector adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk melindungi peralatan listrik dari lonjakan listrik. 

Lonjakan listrik ini dapat diakibatkan oleh berbagai macam hal diantaranya terjadi hubung singkat / korsleting, beban berlebih / Overload bahkan bisa juga disebabkan karena sambaran petir. Lonjakan listrik tersebut dapat menyebabkan kerusakan komponen pada peralatan elektronik.


Perangkat ini biasanya berbentuk seperti Stop kontak dimana didalamnya terdapat komponen khusus untuk melindungi peralatan listrik yang dihubungkan ke stop kontak tersebut dari lonjakan listrik.

Selain itu Surge Protector ini juga terdapat varian untuk melindungi kabel LAN dari sambaran petir.

Sambaran petir memang menjadi momok paling menakutkan pada instalasi rumah dan gedung. Apalagi sambaran petir ini dapat menginduksi kabel pada instalasi rumah. Induksi sambaran petir ini dapat mengalirkan arus listrik yang sangat besar walaupun kabel listrik tidak tersentuh oleh petir secara langsung. Maka dari itu perlu untuk melindungi kabel LAN internet di rumah kita menggunakan Surge Protector ini.


Cara Kerja Surge Protector

Pada dasarnya prinsip kerja dari surge protector ini adalah membatasi tegangan listrik yang melewati peralatan listrik dimana ketika terjadi kelebihan tegangan maka akan langsung dialirkan ke tanah / Grounding. 


Pada saat terjadi sambaran petir atau hubung singkat maka pada instalasi rumah dan gedung akan terjadi tegangan transien. Tegangan transien merupakan lonjakan tegangan dimana listrik mempunyai amplitudo tegangan yang sangat besar melebihi tegangan normal.

Maka dari itu surge protector ini akan mencegah tegangan tersebut untuk mengalir ke peralatan listrik, dimana tegangan transien tersebut akan dialirkan ke dalam tanah (Grounding).


Aplikasi dan Penggunaan Surge Protector
  • Digunakan untuk melindungi peralatan listrik seperti TV, Kulkas, AC, Kipas Angin dan lainnya dari tegangan transien atau lonjakan tegangan.
  • Digunakan untuk melindungi kabel LAN dari induksi sambaran petir yang sangat berbahaya.

Jenis Surge Protector Yang Biasa ditemui di Pasaran

1. Surge Protector Strips 

Merupakan surge protector yang berbentuk stop kontak dimana digunakan untuk menghubungkan peralatan listrik ke sumber listrik. Perangkat ini biasanya juga tersedia untuk colokan USB ponsel sehingga bisa charging ponsel tanpa memasang charger bawaan.


2. Surge Protector LAN

Merupakan surge protector yang digunakan untuk melindungi kabel LAN dari induksi sambaran petir. Hal tersebut dikarenakan kabel LAN ini biasanya terletak di luar rumah sehingga sangat rawan tersambar petir. 


Kelebihan dan Kekurangan Surge Protecor

Kelebihan :

  • Menjaga Peralatan Listrik dari tegangan transien / lonjakan tegangan
  • Biaya alat yang terjangkau
  • Biaya perawatan perangkat elektronik menjadi berkurang karena sudah dilindungi
Kekurangan
  • Memerlukan pemasangan kabel grounding sehingga apabila ingin memasang alat ini lumayan ribet dikarenakan harus menggali ke dalam tanah.

Belum ada Komentar untuk "Surge Protector adalah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......