Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RTU adalah

RTU adalah

Remote Terminal Unit / RTU adalah sebuah terminal pada sistem SCADA yang digunakan untuk melakukan suatu proses tertentu berdasarkan logika atau perintah yang ditanam. 

Perintah yang ditanam dalam RTU ini seperti :

  • Pembacaan sensor tertentu seperti suhu, ketinggian, arus, tegangan, frekuensi listrik, tekanan dan lain lain bergantung dari jenis sensor yang dipasang.
  • Pengendalian Actuator berdasarkan logika yang ditanam ataupun pengendalian Actuator berdasarkan pembacaan sensor seperti :
    - ketika sensor proximity logam mendeteksi adanya logam pada barang maka Pneumatik akan mendorong benda tersebut untuk disingkirkan.
  • Pengendalian Actuator berdasarkan perintah dari Pusat Kontrol
    - Jadi pengendalian actuator dapat dilakukan secara otomatis berdasarkan logika yang ditanam atau secara manual dari pusat kontrol
  • Mengirim data ke pusat kontrol
    - Jadi data hasil pengukuran sensor dan status peralatan akan dikirimkan ke pusat kontrol melalui media komunikasi tertentu seperti kabel fiber optik atau frekuensi radio.

RTU SCADA

Untuk memahami lebih jauh tentang Remote Terminal Unit (RTU),ini kita harus melihat bagan dari sistem SCADA dibawah ini :
Supervision Control and Data Acquisition atau SCADA merupakan gabungan dari Software, dan beberapa hardware seperti komputer, Human Machine Interface, RTU, sensor, dan actuator sehingga membentuk suatu sistem otomasi untuk melakukan pengawasan (Supervision), pengontrolan (Control) dan akuisisi data (Data Acquisition).

Akan tetapi pada tulisan ini kita akan fokus membasah RTU pada sistem SCADA, dimana terlihat pada gambar bahwa : 
  • RTU ini dihubungkan dengan proximity sensor logam dan Pneumatik.
  • RTU yang digunakan pada bagan tersebut adalah PLC (Programmable Logic Controller)
  • PLC ini merupakan suatu alat yang digunakan untuk melakukan suatu proses tertentu berdasarkan logika yang ditanam.
  • Karena PLC tsb dihubungkan dengan sensor pendeteksi logam dan pneumatik, maka ditanam suatu logika ketika sensor mendeteksi adanya logam maka pneumatik akan mendorong logam tersebut sehingga bisa dipisah.
  • Kemudian hasil proses tersebut dapat dilihat di komputer pada pusat kontrol dan data tersebut disimpan komputer tsb.

Akan tetapi PLC ini dapat digunakan tanpa software SCADA dan Komputer sebagai pusat kontrol. Cukup tanamkan logika pada PLC dan tentunya sensor dan actuator maka PLC ini akan bertindak sesuai logika yang ditanam.

Jenis – jenis RTU :
  • RTU Sederhana
    RTU jenis ini hanya bisa mengumpulkan data dari terminal seperti pengukuran sensor dan status peralatan kemudian data tersebut dikirim ke Pusat Kontrol.

  • RTU Automation
    RTU yang memiliki fungsi otomasi seperti PLC (Programable Logic Controller) dimana RTU ini bisa melakukan suatu proses secara otomatis berdasarkan logika yang ditanam seperti pengukuran sensor dan pengendalian actuator.
    RTU jenis ini dapat bekerja secara otomatis berdasarkan logika yang ditanamkan bahkan tanpa dihubungkan ke pusat kontrol atau HMI (Human Machine Interface) seperti contohnya PLC ini.

Posting Komentar untuk "RTU adalah"