Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan dan Perbedaan SCADA PLC

SCADA PLC merupakan dua buah sistem kendali yang sangat sering digunakan pada dunia Industri. Akan tetapi banyak sekali orang yang bingung dengan istilah SCADA dan PLC ini.

Pengertian SCADA PLC
SCADA (Supervision Control and Data Acquisition) adalah gabungan dari software dan beberapa harware yang membentuk suatu sistem untuk melakukan pengawasan (Supervision), pengontrolan (Control), dan Akusisi Data (Data Acquisition) dalam suatu sistem kendali tertentu.

Misalkan pada suatu manufaktur atau pabrik minuman kemasan, SCADA ini dugunakan untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan mesin produksi pada pabrik tersebut. Atau pada sistem jaringan distribusi dan transmisi listrik PLN, SCADA ini digunakan untuk melakukan pengontrolan saklar dan monitoring arus, tegangan dan frekuensi listrik pada masing - masing gardu transmisi / distribusi.

Lalu apa hubungan SCADA dan PLC ?
Untuk menjelaskan hal tersebut lihat pada gambar di bawah ini :
SCADA PLC

Pada gambar terlihat bahwa SCADA ini sebenarnya adalah gabungan dari Software, Komputer, RTU, dan Field Device (Sensor dan Actuator). Kemudian PLC ini bisa digunakan sebagai RTU (Remote Terminal Unit) pada sistem SCADA ini.

RTU (Remote Terminal Unit) adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan suatu proses (Pembacaan sensor dan Pengatur gerakan actuator) berdasarkan logika yang ditanamkan. Kemudian hasil pembacaan sensor tersebut dikirim ke pusat kontrol dan pusat kontrol juga dapat melakukan pengontrolan secara manual (mengendalikan RTU).


Jadi Kesimpulannya PLC ini dapat digunakan sebagai RTU (Remote Terminal Unit) pada sistem SCADA. Akan tetapi RTU ini sangat banyak sekali jenis yang dikeluarkan oleh masing - masing brand misalkan :
  • PLC
  • SICAM A8000 siemens
  • PR-26DC-DAI-RT-4G Schneider
  • EXM-8DC-PT100-R-4G
  • Dan lain lain.
Yang membedakan antara masing - masing RTU tersebut antara lain adalah media komunikasi yang digunakan seperti kabel / frekuensi radio, jumlah input dan output, kapasitas daya, dan lain lain.

Lalu apa perbedaan SCADA dan PLC ?
PLC ini dapat digunakan secara mandiri tanpa menggunakan software SCADA, Komputer / Human machine interface. Cukup hubungkan PLC ini dengan sensor dan actuator. Lalu upload atau tanam logika pada PLC, maka PLC dapat melakukan suatu proses kendali sistem tertentu.

Posting Komentar untuk "Hubungan dan Perbedaan SCADA PLC"