Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktuator Elektrik

Aktuator Elektrik

Aktuator Elektrik adalah sebuah aktuator yang menggunakan energi listrik sebagai tenaga penggeraknya. Akatuator jenis ini paling banyak dan populer digunakan dikarenakan menggunakan energi listrik yang mana dapat dijumpai dimanapun dan sangat tidak ribet.


Akan tetapi sebelum membahas lebih jauh tentang aktuator elektrik, alangkah lebih baiknya kita memahami dulu apa itu aktuator. Jadi aktuator adalah suatu alat yang digunakan sebagai penggerak mekanis pada sistem kendali dan sistem otomasi. Contohnya yaitu relay, konveyor, pneumatik, motor, dan lain lain.


Macam Aktuator Elektrik

1. Relay
Relay merupakan suatu saklar yang dikendalikan menggunakan gaya elektro magnetik. 
Relay ini mempunyai dua bagian yaitu koil dan kontak saklar dimana :
  • Koil
    Merupakan suatu bagian yang terdiri dari lilitan kawat tembaga. Ketika koil ini dialiri arus listrik maka akan menjadi suatu magnet induksi

  • Kontak Saklar
    Merupakan suatu bagian yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke rangkaian
Jadi cara kerjanya adalah ketika koil dialiri arus listrik, maka akan menjadi medan magnet dan menarik kontak saklar. Ketika kontak saklar ditarik maka posisi relay akan menghubungkan arus listrik. Ketika koil tidak dialiri arus listrik maka posisi relay akan menjadi seperti semula dan tidak mengalirkan arus listrik.

2. Segala Jenis Motor
Motor merupakan suatu alat yang mengkonversi energi listrik menjadi gerakan putar. Motor ini juga merupakan salah satu jenis dari aktuator, dimana mempunyai banyak sekali kegunaan dalam sistem kendali maupun sistem otomasi.

Motor ini banyak sekali jenisnya seperti :
  • Motor Stepper
  • Motor DC 
  • Motor AC
  • Motor Servo
  • Dan lain lain
Salah satu pengguaan motor sebagai aktuator yang sangat sering digunakan di industri adalah konveyor.
Konveyor ini digunakan untuk memindahkan suatu barang pada suatu sistem otomasi. Penggerak konveyor ini tidak lain adalah motor DC atau motor AC.

5. Selenoid
Sama seperti relay, selenoid ini juga memanfaatkan energi elektro magnetik untuk menggerakkan aktuator selenoid ini.


6. Linear Aktuator
Linear aktuator merupakan suatu aktuator yang hanya bisa bergerak secara linear atau satu garis lurus. Jadi gerkan dari aktuator ini hanya maju ke depan dan mundur ke belakang.
Gambar diatas merupakan contoh dari linear aktuator yang digerakan dengan tenaga motor. Jadi energi listrik digunakan untuk memutar motor dan putaran motor tersebut digunakan untuk menggerakkan aktuator dimana :
  • Ketika motor berputar ke kanan maka aktuator akan mendorong maju
  • Ketika motor berputar ke kiri maka aktuator akan menarik mundur.

Posting Komentar untuk "Aktuator Elektrik"