Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Molded Case Circuit Breaker atau MCCB

MCCB adalah
MCCB adalah sebuah alat pengaman pada rangkaian motor listrik yang berfungsi untuk memutus arus listrik saat terjadi hubung singkat dan beban berlebih.

Hubung singkat / Short Circuit pada rangkaian motor listrik ini sangat berbahaya sekali dikarenakan dapat memicu terjadinya bunga api. Bunga api ini yang paling sering menyebabkan kebakaran pada suatu pabrik / manufaktur.

Pengertian MCCB

Kepanjangan MCCB adalah Molded Case Circuit Breaker dimana alat ini digunakan untuk mengamankan rangkaian motor listrik dari hubung singkat dan beban berlebih.
  • Hubung singkat ini terjadi ketika kutub positif / fasa pada suatu rangkaian terhubung dengan kutub negatif / netral. Hubung singkat ini menyebabkan lonjakan tegangan yang sangat besar. Pada instalasi dengan arus yang sangat besar, hubung singkat ini bisa sampai menyebabkan terjadinya bunga api.

  • Beban berlebih ini terjadi ketika beban yang terpasang pada suatu instalasi melebihi kapasitas MCCB.
    Jadi pada suatu rangkaian motor listrik, semakin berat beban yang harus diputar oleh motor, maka arus yang digunakan juga semakin besar. Ketika arus yang mengalir sudah melebihi rating Ampere MCCB, maka MCCB akan langsung memutus aliran listrik.

Fungsi MCCB

1. Memutus aliran listrik ketika terjadi hubung singkat

Hubung singkat ini terjadi ketika kutub positif pada aliran listrik kabel fasa terhubung dengan kutub negatif pada aliran listrik kabel netral. Akibatnya adalah terjadi lonjakan listrik yang sangat besar yang dapat merusak motor listrik, bahkan sampai menyebabkan bunga api.

Ketika terjadi hal tersebut maka MCCB akan langsung memutus aliran listrik, sehingga motor listrik tetap aman dari lonjakan listrik tersebut.

2. Memutus aliran listrik ketika terjadi beban berlebih

Beban berlebih terjadi ketika arus yang dibutuhkan untuk memutar motor listrik tidak sesuai dengan kapasitas arus listrik maksimal yang disediakan. Pada MCCB terdapat rating Ampere yang membatasi arus listrik yang dapat bekerja pada suatu rangkaian motor listrik.
Misalkan pada suatu industri / manufaktur menggunakan MCCB dengan rating sebesar 100 A. Kemudian karena beban untuk memutar motor listrik terlalu besar maka arus yang dibutuhkan oleh motor tsb lebih besar dari 100 A. Maka MCCB akan langsung memutus aliran listrik pada rangkaian motor listrik tersebut.

3. Memutus aliran listrik ketika terjadi Under Voltage

Ada satu fitur tambahan pada MCCB yang digunakan untuk memutus aliran listrik pada saat terjadi Under Voltage atau Tegangan di bawah standar.

Untuk menggunakan fitur ini maka kita harus membeli aksesoris tambahan yaitu UVT / Under Voltage Trip. UVT ini dipasang pada sebelah kiri MCCB dan sudah disediakan ruang khusus cukup lihat buku petunjuk produk ketika membeli MCCB.

Prinsip Kerja MCCB

Seperti dijelaskan diatas bahwa MCCB ini mempunyai fungsi utama untuk memutus aliran listrik ketika terjadi hubung singkat dan beban berlebih. Akan tetapi untuk memutus aliran listrik tersebut, MCCB ini mempunyai tiga metode yaitu Thermal, Magnetik dan Manual.

1. Metode Thermal MCCB

Pada metode thermal ini, MCCB memanfaatkan energi panas untuk menggerakkan kontak saklar.
Metode Thermal MCCB
Jadi ketika terjadi hubung singkat atau beban berlebih maka akan terjadi lonjakan arus atau kelebihan arus (OverCurrent). Lonjakan arus ini membuat penghantar kabel mengeluarkan suhu panas. Kemudian suhu panas ini membuat bahan bimetal pada MCCB menjadi sedikit melengkung (Lihat pada gambar).

Kemudian bimetal yang melengkung ini menggerakkan kontak saklar sehingga kontak saklar yang awalnya tertutup menjadi terbuka. Hal tsb membuat MCCB memutus aliran listrik pada instalasi tersebut.

2. Metode Magnetik MCCB

Pada metode magnetik ini, MCCB memanfaatkan energi magnet untuk menggerakkan kontak saklar.
Metode Magnetik MCCB
Jadi ketika terjadi hubung singkat atau beban berlebih maka akan terjadi kebebihan arus atau Over Current. Kelebihan arus yang cukup tinggi ini mengakibatkan arus listrik menginduksi koil (lihat pada gambar). Koil ini merupakan kumparan listrik yang ketika dialiri arus listrik dengan cukup akan menjadi magnet induksi. 

Kemudian ketika koil tersebut menjadi magnet induksi maka akan menarik kontak saklar sehingga kontak saklar yang awalnya tertutup menjadi terbuka. Kontak saklar yang terbuka ini menyebabkan pemutusan aliran listrik (lihat pada gambar).


3. Metode Manual MCCB

Pada metode manual ini, dilakukan dengan cara menarik tuas yang disediakan untuk membuka dan menutup aliran listrik.
Metode Manual MCCB
Jadi terlihat pada gambar bahwa :
  • Ketika kontak saklar ditarik ke atas, maka MCCB berfungsi sebagai saklar tertutup dan mengalirkan listrik.
    Pada kondisi ini juga terdapat indikator "ON" yang mengisyaratkan bahwa MCCB sedang mengalirkan listrik.

  • Ketika kontak saklar ditarik ke bawah, maka MCCB berfungsi sebagai saklar terbuka dan tidak mengalirkan listrik.
    Pada kondisi ini juga terdapat indikator "OFF" yang mengisyaratkan bahwa MCCB sedang tidak mengalirkan listrik.

Cara Pasang MCCB

Cara memasang MCCB ini sebenarnya mudah untuk dipahami yaitu sbb :
Terlihat pada gambar bahwa :
  • MCCB
    dipasang di bagian paling atas yaitu diatas magnetik kontaktor.

  • Magnetik Kontaktor ini dipasang di bawah pengaman MCCB
    Magnetik Kontaktor ini digunakan sebagai pengontrol rangkaian motor listrik

  • TOR (Thermal Overload Relay)
    TOR ini biasanya sudah satu paket dengan Magnetik Kontaktor dimana dapat dipasang secara langsung tanpa menggunakan kabel.
    TOR merupakan suatu pengaman thermal pada rangkaian motor listrik, akan tetapi kekurangan TOR ini membutuhkan kontak bantu Magnetik Kontaktor untuk bisa bekerja.

Posting Komentar untuk "Molded Case Circuit Breaker atau MCCB"