Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vacuum Circuit Breaker

Vacuum Circuit Breaker

Vacuum Circuit Breaker adalah sebuah alat pengaman instalasi listrik bertegangan tinggi yang berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi hubung singkat dan beban berlebih.

Dinamakan Vacuum Circuit Breaker dikarenakan alat pengaman ini menggunakan ruangan hampa udara berbentuk seperti tabung Vacuum untuk memadamkan busur api.


Fungsi Vacuum Circuit Breaker

Vacuum Circuit Breaker ini berfungsi untuk mengamankan instalasi listrik pada tegangan tinggi. Sama seperti Circuit Breaker pada umumnya, VCB ini berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi hubung singkat dan beban berlebih.

Akan tetapi karena VCB ini digunakan pada tegangan ekstra tinggi, maka terdapat satu fungsi khusus yaitu untuk memadamkan busur api.

Busur api ini merupakan suatu fenomena "aliran listrik di atmosfer" yang terjadi saat pemutusan / penghubungan aliran listrik pada tegangan tinggi. Disebut sebagai busur api dikarenakan wujudnya yang terkadang berbentuk seperti sambaran api.

Oleh karena itu Pada VCB terdapat satu ruangan khusus berbentuk tabung "vacuum" yang digunakan untuk memadamkan busur api tersebut. 

Fungsi Vacuum Circuit Breaker

Ruangan tersebut dapat memadamkan busur api dikarenakan "kedap udara" atau "hampa udara" dan terbuat dari bahan isolasi khusus yang tidak bisa menghantarkan listrik.


Pengertian Vacuum Circuit Breaker

Vacuum Circuit Breaker merupakan suatu alat pengaman bertegangan tinggi yang mempunyi bentuk pemutus sirkuit seperti tabung vakum.

Pada saat pemutusan aliran listrik bertegangan ekstra tinggi, dipastikan akan menimbulkan busur api. Busur api ini diredam dalam suatu tabung khusus yang hampa udara. Tabung ini terbuat dari bahan khusus yang tidak mengalirkan arus listrik.

Vacuum Circuit Breaker ini mempunyai isolasi yang cukup tinggi dibandingkan dengan Circuit Breaker tipe lainnya yaitu dengan metode isolasi minyak, dan SF6.


Prinsip Kerja Vaccum Circuit Breaker

Pada Vacuum Circuit Breaker terdapat ruangan khusus yang digunakan untuk pemutusan aliran listrik.

Ruangan ini berbentuk seperti tabung "vacuum" dimana ruangan ini hampa udara dan terbuat dari bahan isolasi khusus yang tidak bisa menghantarkan aliran listrik.

Pada pemutusan aliran listrik tegangan ekstra tinggi, dapat dipastikan terjadi fenomena busur api dimana fenomena ini sangat berbahaya ketika "aliran listrik di atmosfer" tersebut mengalir ke konduktor lainnya atau bahkan ke manusia.

Oleh karena itu prinsip kerja dari Vacuum Circuit Breaker ini adalah untuk memanfaatkan ruangan kedap udara tersebut untuk memadamkan busur api ketika proses Switching atau pemutusan dan penghubungan aliran listrik.

Posting Komentar untuk "Vacuum Circuit Breaker"