Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Metaverse

Metaverse
Baru - baru ini pemberitaan di berbagai media dihebohkan dengan rencana facebook yang akan menginvestasikan uangnya senilai 10 Billion USD ke dalam Metaverse. Bahkan untuk meyakinkan masyarakat tentang tekatnya tersebut, Mark Zukerberg selaku CEO Facebook mengumumkan untuk mengganti nama perusahaannya menjadi meta platform inc.

Jadi sebenarnya Apa itu Metaverse ?

Metaverse ini adalah sebuah gagasan tentang internet di masa depan dimana akan menjadi dunia virtual 3 Dimensi yang akan bekerja secara realtime. Saat ini teknologi tercanggih yang dapat dilihat mengenai dunia virtual ini adalah Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Augmented Reality (AR)

Gambar Augmented Reality (AR)
Gambar Augmented Reality (AR)

Terlihat pada gambar diatas bahwa dengan menggunakan teknologi Augmented Reality kita dapat melihat objek Virtual 3 Dimensi di layar ponsel kita. Teknologi ini menggabungkan realitas yang dihasilkan oleh kamera dengan objek virtual 3 dimensi yang dihasilkan oleh teknologi AR.

Virtual Reality (VR)

Virtual Reality
Gambar Virtual Reality (VR)

Berbeda dengan Augmented Reality (AR) yang menggabungkan dunia nyata dengan visual 3 dimensi, Virtual Reality (VR) ini benar - benar merupakan dunia virtual 3D yang semuanya hanya dapat dilihat di layar device kita. Untuk menikmati teknologi VR ini kita harus membeli VR Box yang digunakan sebagai penyangga sekaligus kontrol SmartPhone kita.

Seperti Apa Metaverse di masa depan ? 

Pada dasarnya banyak sekali orang yang memprediksi dan mengira - ngira bagaimana metaverse di masa depan. Berbagai macam kemungkinan dapat terjadi dengan adanya metaverse ini seperti bermain Ping Pong bersama teman secara Online di dunia Virtual 3D.

Bermain Bersama Teman

Ping Pong VR
Kita dapat bermain olahraga ping pong dengan teman dan sahabat kita tanpa bertemu secara real dan hanya melalui dunia virtual 3Dimensi ini. Tentu hal ini akan sangat menarik.

Melakukan Meeting Secara Online Di Dunia Virtual

Meeting Virtual Metaverse
Dengan adanya metaverse memungkinkan kita untuk membuat suatu karakter 3D yang menampilkan tubuh kita seperti di dunia nyata. Bahkan karakter ini nantinya akan nampak sangat realistik seperti diri kita yang sebenarnya di dunia nyata dimana dapat berjalan dan bergerak seperti diri kita yang sesungguhnya.


Dan masih banyak lagi kemungkinan di masa depan dengan hadirnya metaverse ini. Akan tetapi tentu metaverse ini juga dapat membawa dampak buruk terhadap kehidupan manusia seperti kehidupan sosial manusia yang semakin tidak nyata karena tidak bertemu secara langsung, manusia yang menjadi anti sosial karena terus hidup di dunia virtual dan lain lain.

Untuk itu alangkah bijaknya apabila kita tidak terlalu memuja teknolgi metaverse ini di masa depan. Sekian penjelasan dari kami, kurang lebihnya mohon maaf... terimakasih...

Posting Komentar untuk "Apa itu Metaverse"