Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Lengkap Kalibrasi

Kalibrasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memastikan bahwa alat ukur dapat mengambil data sesuai dengan kondisi sebenarnya. Jadi kalibarsi ini dilakukan untuk memastikan akurasi dari pengukuran alat ukur sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Kalibrasi

Terlihat pada gambar diatas terdapat sebuah alat ukur MultiTester yang digunakan untuk melakukan pengukuran listrik seperti Arus (A), Tegangan (V), dan Resistansi (Ohm). Kemudian jarum pada alat ukur tidak di angka "0" sehingga harus dilakukan kalibrasi agar tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran. Caranya yaitu dengan memutar selector yang disediakan sampai jarum di angka "0".


Apa itu Kalibrasi

Seperti dijelaskan diatas bahwa kalibrasi adalah suatu kegiatan untuk memastikan bahwa akurasi pengukuran alat ukur sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Kalibrasi

Seperti kita ketahui, semua alat ukur ketika terlalu lama dan sering digunakan maka akan mengalami "noise" atau ketidaktepatan dalam pengukuran. Oleh karena itu alat ukur harus dilakukan "kalibrasi" untuk menjaga akurasi alat ukur tersebut.

Jadi semua alat ukur baik itu alat ukur suhu, berat, listrik, tekanan dan lain lain pasti akan mengalami ketidak sesuaian parameter pengukuran lagi ketika terlalu lama dan sering digunakan maka harus dilakukan kalibrasi agar akurat kembali.


Fungsi Kalibrasi

Kalibrasi ini mempunyai fungsi untuk membuat alat ukur menjadi akurat dan presisi kembali.

Fungsi Kalibarsi

Seperti kita ketahui bahwa ketika alat ukur terlalu sering dan lama digunakan maka akan mengalami "noise" dan ketidaktepatan dalam pengukuran. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dalam dunia engineering dan industri. Oleh karena itu perlu dilakukan kalibrasi pada alat ukur agar menjadi akurat dan presisi kembali.


Jenis Kalibrasi

Berdasarkan parameter yang diukur, kalibrasi dapat dibagi menjadi 5 yaitu :

1. Kalibrasi Massa

Kalibrasi massa adalah kalibrasi yang dilakukan pada alat ukur berat / massa agar hasil pengukuran yang didapat menjadi akurat dan presisi.


2. Kalibrasi Suhu

Kalibrasi suhu adalah kalibrasi yang dilakukan pada alat ukur suhu / temperatur agar hasil pengukuran yang didapat menjadi akurat dan presisi.


3. Kalibrasi Tekanan

Kalibrasi tekanan adalah kalibrasi yang dilakukan pada alat ukur tekanan / pressure agar hasil pengukuran yang didapat menjadi akurat dan presisi.


4. Kalibrasi Volumemetrix

Kalibrasi Volumemetrik adalah kalibrasi yang dilakukan pada alat Volume agar hasil pengukuran yang didapat menjadi akurat dan presisi.


5. Kalibrasi Listrik

Kalibrasi Listrik adalah kalibrasi yang dilakukan pada alat Listrik (Ampere, Volt, dan Resistansi) agar hasil pengukuran yang didapat menjadi akurat dan presisi.


Posting Komentar untuk "Pembahasan Lengkap Kalibrasi"