Alat Pendeteksi Kebakaran

alat pendeteksi kebakaran

Kebakaran merupakan bencana yang sangat menakutkan apabila kita berada dalam sebuah gedung yang tinggi. Apabila terjadi kebakaran dalam gedung maka listrik akan padam sehingga orang-orang yang berada di lantai atas gedung akan kesulitan untuk keluar.

Untuk menghindari bencana tsb perlu sebuah alat yang dapat mendeteksi kebakaran se-dini mungkin sebelum api merambat kemana-mana. Pada dasarnya alat pendeteksi kebakaran dibagi menjadi 4 yaitu :
  1. Pendeteksi Asap atau Smoke Detector
  2. Pendeteksi Suhu Ruangan
  3. Pendeteksi Api
  4. Pendeteksi Kebocoran Gas 

1. Pendeteksi Asap / Smoke Detector

pendeteksi asap

Alat ini berfungsi untuk mendeteksi asap sebelum api kebakaran merembet kemana-mana. Jadi ketika smoke detector mendeteksi adanya asap maka alarm akan berbunyi dan memberitahu seluruh penghuni gedung bahwa terjadi kebakaran. 

Alat ini banyak ditemui di toko biasa ataupun toko online. Alat pendeteksi asap  ini banyak sekali variannya ada yang varian yang terdapat kabel dimana dihubungkan ke sistem kontrol tetapi ada pula yang tidak menggunakan kabel dan bekerja sendiri secara otomatis. Alat pendeteksi asap kebakaran ini dapat dibuat sendiri di rumah dengan sensor MQ2 dan arduino. 

2. Pendeteksi Suhu Ruangan

pendeteksi api

Pada saat terjadi kebakaran suhu ruangan pasti akan sangat panas dimana bisa sampai lebih dari 60 ÂșC maka dari itu dengan sensor suhu dapat mendeteksi kebakaran lebih awal. Pendeteksi suhu ini juga mudah dijumpai dipasaran maupun di toko online. 

Kita juga dapat membuat alarm kebakaran sendiri di rumah dengan sensor suhu LM35 dan arduino Klik disini. Tinggal menambahkan buzzer atau alarm

3. Pendeteksi Api

pendeteksi api

Sesuai dengan namanya alat ini mendeteksi kobaran api dengan metode optik yaitu mendeteksi sinar UV (Ultra Violet) yang dikeluarkan oleh api. Saat alat ini mendeteksi adanya sinar UV dari kobaran api, maka alarm akan menyala dan memberitahu seluruh penghuni gedung untuk keluar. 

Kita juga bisa membuat alat pendeteksi api sendiri dengan menggunakan mikrokontroler arduino, sensor api dan alarm 5V. Caranya sangat mudah dan sederhana sekali anti ribet-ribet club langsung klik disini.

4. Pendeteksi Kebocoran Gas

pendeteksi kebocoran gas

Apabila kalian bekerja di perusahaan Gas seperti pertamina dan perusahaan gas lainnya alat ini sangat penting sekali untuk mendeteksi kebocoran gas sebelum terjadi kebakaran. Atau apabila kalian bekerja di suatu restoran yang menggunakan kompor gas alat ini sangat berguna untuk mendeteksi kebocoran gas LPG yang dapat memicu kebakaran. 

Apabila ada gas tertentu yang bocor dalam suatu rungan / gedung dapat memicu kobaran api yang menyebabkan kebakaran. Untuk itu alat ini juga sangat penting untuk mendeteksi kebakaran se-dini mungkin.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian atau menambah wawasan kalian tentang macam-macam alat pendeteksi kebakaran. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga dapat membantu





Belum ada Komentar untuk "Alat Pendeteksi Kebakaran"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel